Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahap Pengikhtisaran Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang



Jurnal penyesuaian (adjustment journal) adalah jurnal untuk mengadakan penyesuaian catatan-catatan dengan keadaan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode.

Kertas kerja atau neraca lajur (work sheet) adalah suatu kertas berkolom-kolom atau berlajur-lajur yang direncanakan secara khusus untuk menghimpun semua data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan.

Harga Pokok Penjualan (cost of goods sold) adalah harga pokok dari barang-barang yang telah laku dijual selama periode tertentu.

Laporan keuangan (financial statement) adalah hasil akhir dari akuntansi yang merupakan suatu ringkasan transaksi keuangan.

Laporan keuangan yang disusun dalam perusahaan dagang meliputi:
  • Laporan laba/rugi, yaitu laporan yang menunjukkan pendapatan dan beban pada akhir periode akuntansi.
  • Laporan laba rugi atau perhitungan laba rugi dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu: Tahap Langsung (Single Step) dan Bentuk Bertahap (Multiple Step).
  • Laporan perubahan modal, merupakan laporan yang menunjukkan adanya perubahan modal dari modal awal menjadi modal akhir.
  • Laporan neraca (balance sheet), adalah laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode, tentang besarnya harta, utang, dan modal perusahaan.
  • Laporan arus kas.

Post a Comment for "Tahap Pengikhtisaran Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang"