Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prinsip Manajemen


Prinsip manajemen merupakan dasar-dasar yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah manajemen. 

Henry Fayol, industrialis asal negara Perancis mengatakan bahwa prinsip manajemen sebaiknya fleksibel. Hal ini berarti prinsip manajemen harus disesuaikan dengan kondisi-kondisi tertentu juga situasi yang besar kemungkinannya berubah. 

Adapun prinsip-prinsip manajemen itu meliputi:

Division of Work

Division of Work atau pembagian kerja harus dilakukan agar kegiatan kerja berjalan lancar. Pembagian kerja berarti adanya pembagian tugas yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Pembagian ini harus dilakukan seadil mungkin tanpa ada unsur suka atau tidak suka dari perencanaan manajemen.

Prinsip penempatan yang tepat sasaran akan menjamin terlaksananya pekerjaan secara stabil, lancar, dan efisien. Penyelenggaraan kerja tergantung dari pembagian kerja yang baik. Mencampur penilaian pribadi pada saat penempatan kerja bisa menimbulkan kesalahan dalam pemberian tugas nantinya.

Authority and Responsibility

Setiap orang yang ditempatkan oleh perencana manajemen akan memiliki wewenang dalam melakukan pekerjaan. Wewenang atau kekuasaan itu diikuti dengan tanggung jawab. 

Intinya antara kekuasaan dan tanggung jawab harus ada keseimbangan. Semakin besar wewenang yang diberikan, semakin besar pula tanggung jawabnya.

Discipline

Discipline merupakan rasa taat, patuh, dan memiliki terhadap pekerjaan yang diberikan. Pemegang wewenang harus dapat menanamkan disiplin pada dirinya agar tanggung jawab terhadap pekerjaan dapat terlaksana.

Unity of Command

Ketika melaksanakan pekerjaan seseorang harus tahu kepada siapa dirinya bertanggung jawab. Harus sesuai dengan wewenang yang diberikan kepadanya. Dengan kata lain, perintah dari atasan yang beda divisi hanya akan mengacaukan jalannya pembagian kerja, wewenang, dan tanggung jawab pegawai.

Unity of Direction

Pekerja atau yang diberi tugas juga harus tahu dari mana ia mendapat perintah. Hal ini penting untuk mengetahui kepada siapa nantinya harus bertanggung jawab.

Penggajian karyawan

Penggajian karyawan, harus diusahakan agar karyawan bekerja dengan tenang tanpa memikirkan gaji. Bagaimana caranya agar gaji yang diberikan dapat meningkatkan kualitas kerja.

Centralization

Pemusatan wewenang diperlukan agar pertanggungjawabannya juga tidak simpang siur.

Hirarki

Pembagian tingkatan kerja ini penting agar jelas mana pimpinan dan mana bawahan. Penting juga untuk memperjelas area wewenang.

Order

Ketertiban atau order dalam bekerja sangat penting dan dapat terwujud apabila ada kedisiplinan.

Keadilan dan kejujuran

Keadilan dan kejujuran erat kaitannya dengan moral karyawan, dan harus dicontohkan oleh atasan.

Stabilitas kondisi karyawan

Stabilitas ini dapat terwujud dengan mengurangi tingkat tekanan pada karyawan.

Initiative

Initiative, prakarsa akan timbul dari daya pikir yang kreatif. Penghargaan terhadap prakarsa pegawai dapat meningkatkan kinerjanya.

Semangat kesatuan dan semangat korps, masing-masing karyawan harus memiliki semangat kebersamaan. Hal ini dapat menumbuhkan pula semangat dalam bekerja.

Post a Comment for " Prinsip Manajemen"