Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Metode dan Metodologi


Metode dan Metodologi 

Sebagian orang masih banyak yang masih salah dalam menggunakan kata metode dan metodologi. Yang seharusnya menggunakan kata metode tetapi malah metodologi kata yang digunakannya, begitu pula sebaliknya. 

Istilah antara metode dan metodologi padahal memiliki pengertian yang berbeda dari keduanya. Jika dilihat dari istilahnya saja sudah jelas berbeda. Metodologi terdiri dari dua kata yaitu method dan logos, yang artinya ilmu tentang metode. 

Sedangkan metode hanya terdiri dari satu kata yaitu method yang artinya metode atau cara. 
 

Perbedaan Metode dan Metodologi

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan secara ringkas perbedaan metode dan metodologi yaitu :

Berdasarkan Etimologi

Metode (method) berarti metode atau cara​ Metodologi terdiri dari dua suku kata yaitu method dan logos yang artinya adalah ilmu tentang metode.

Berdasarkan Pengertian

Metode adalah “prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu".​

Metodologi adalah “prosedur ilmiah yang didalamnya termasuk pembentukan konsep, proposisi, model, hipotesis, dan teori, termasuk metode itu sendiri".

Berdasarkan Sifat

Metode bersifat khusus. Metode lebih berkaitan dengan teknis saja dari keseluruhan yang dibahas dalam metodologi.​

Metodologi bersifat umum. Metodologi merupakan sistem panduan untuk memecahkan persoalan, dengan komponen spesifiknya adalah bentuk, tugas, metode, teknik dan alat.
 

Kesimpulan:

Metodologi lebih bersifat general. Metodologi adalah sistem panduan untuk memecahkan persoalan, dengan komponen spesifiknya adalah bentuk, tugas, metode, teknik dan alat. 

Metode berada di dalam metodologi, atau dengan kata lain, metode lebih berkaitan dengan teknis saja dari keseluruhan yang dibahas dalam metodologi. 

Dalam konteks penelitian, yang termasuk metode adalah teknik penggalian data, teknik pengolahan data, penentuan populasi serta sampel dan sejenisnya.

Itulah pembahasan mengenai Perbedaan Metode dan Metodologi, jangan lupa untuk terus pantengin di materipedia.com karena masih banyak pembahasan mengenai berbagai materi pendidikan. 

Post a Comment for "Perbedaan Metode dan Metodologi"