Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Asuransi bagi Pihak Tertanggung atau Nasabah



Asuransi bisa jadi alat untuk mengurangi resiko perekonomian dengan cara menggandeng sejumlah unit kerja/orang/perusahaan dengan potensi resiko yang sama atau hampir sama agar kerugian tersebut bisa ditanggung semua pihak dalam gabungan itu. 

Koordinasi antar pihak itu amat bermanfaat karena bisa menanggung kerugian secara bersama-sama bila terjadi resiko yang tidak diinginkan.

Peran perusahaan asuransi jiwa, kesehatan, dan lainnya bagi pihak tertanggung atau nasabah sebagai berikut:

1. Pengalihan Risiko

Asuransi mampu mengalihkan resiko yang diderita nasabah sehingga kemungkinan akibat kerugian dari peristiwa yang tidak terduga bisa dirubah menjadi kepastian (certainty) yakni berupa ganti rugi atau santunan klaim dari premi asuransi yang telah dibayarkan.

Pengalihan resiko berguna memberikan ketenangan kepada nasabah terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya peristiwa yang merugikan. Mungkin nilai premi yang dibayar nasabah relatif sedikit ketimbang nilai imbalan yang didapat bila terjadi resiko.

2. Common Pool

Fungsi ini menjelaskan bahwa perusahaan asuransi akan menerima premi dari sejumlah besar tertanggung dengan kerugian atas risiko yang sama. Penetapan kontribusi (premi) ditetapkan pada saat awal kontrak. Selanjutnya premi dari para tertanggung untuk resiko yang sejenis akan dikumpulkan dalam bentuk pool atau dana (fund) lalu diambil sebagian untuk membayarkan klaim asuransi yang terjadi.

3. Reduction of Loss

Peran perusahaan asuransi kepada nasabah berikutnya yakni membantu perkembangan perekonomian melalui usaha-usaha yang dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya suatu resiko, membatasi kerugian yang terjadi, atau menurunkan tingkat kerugian.

Perusahaan asuransi melaksanakan survei supaya resiko yang ditanggung makin kecil. Survei itu bisa berupa pemetaan resiko berdasarkan tingkat kerugian yang mungkin timbul, membebankan resiko sendiri kepada tertanggung, memberikan edukasi kepada tertanggung terkait cara-cara pencegahan kerugian, dan lain-lain.

Post a Comment for "Peran Asuransi bagi Pihak Tertanggung atau Nasabah"