Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Asuransi bagi Perusahaan Asuransi Itu Sendiri



Saat ini, tidak hanya nasabah atau masyarakat yang membutuhkan asuransi, perusahaan asuransi juga membutuhkan jaminan asuransi dari perusahaan asuransi lainnya. Proses ini dinamakan reasuransi. 

Reasuransi adalah istilah saat satu perusahaan asuransi melindungi dirinya terhadap resiko asuransi dengan memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi lain.

Ada berbagai alasan yang membuat perusahaan asuransi melakukan reasuransi. Salah satunya adalah untuk pembagian atau penyebaran risiko asuransi. 

Bila nilai asuransi satu premi lebih besar daripada nilai yang dapat ditanggungnya, perusahaan asuransi bisa membagi risiko yang dihadapinya dengan mengasuransikan kembali sebagian nilai itu pada perusahaan lain (perusahaan reasuransi)

Tujuannya untuk melakukan perlindungan terhadap kestabilan tingkat pendapatannya karena reasuransi telah melindunginya dari potensi kerugian yang besar.

Alasan lain, perusahaan asuransi melakukan reasuransi yakni demi mendapatkan keuntungan sebagai perantara dengan mengasuransikan kembali pada perusahaan reasuransi. 

Hal ini mungkin terjadi bila premi dari perusahaan reasuransi ternyata lebih rendah daripada tingkat premi yang dikenakan perusahaan asuransi itu sendiri pada pelanggannya.

Setiap perusahaan asuransi tentunya memastikan premi yang harus dibayar oleh tertanggung sesuai dengan tingkat resiko yang dimiliki.

Bila jumlah premi terlalu besar, bisa menyebabkan perusahaan asuransi kehilangan bisnis karena tertanggung memilih perusahaan pesaing. 

Namun bila jumlah premi terlalu sedikit, bisa menyebabkan perusahaan asuransi tidak mendapatkan dana yang cukup untuk melakukan pembayaran klaim. Fungsi pertimbangan ini disebut equitable premiums.

Post a Comment for "Peran Asuransi bagi Perusahaan Asuransi Itu Sendiri"