Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Metode Penelitian



Apa itu metode penelitian? Sudah disebutkan di awal, metode penelitian adalah langkah-langkah yang diambil oleh peneliti untuk mengumpulkan data atau informasi untuk diolah dan dianalisis secara ilmiah. Namun ada beberapa pengertian metodologi penelitian menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut: 

  • Menurut Sugiyono Pengertian metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dapat dideskripsikan, dibuktikan, dikembangkan dan ditemukan pengetahuan, teori, untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam kehidupan manusia (Sugiyono: 2012)
  • Metode penelitian menurut Prof. M.E Winarno adalah sebuah kegiatan ilmiah yang dilakukan menggunakan teknik yang cermat dan sistematis.
  • Metode Penelitian menurut Muhammad Nasir, metode penelitian merupakan hal yang penting bagi seorang peneliti untuk mencapai sebuah tujuan, serta dapat menemukan jawaban dari masalah yang diajukan.
  • Metode penelitian menurut Muhiddin Sirat, merupakan sebuah cara untuk memilih subjek masalah dan menentukan pada judul dalam sebuah investigasi.
  • Heri Rahyubi adalah sebuah model yang dapat digunakan dengan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai sebuah proses dalam pembelajaran tersebut dengan baik.

Itulah pembahasan mengenai pengertian metodologi penelitian dan juga pengertian metodologi penelitian menurut para ahli, jangan lupa baca juga artikel lainnya mengenai jenis metodologi penelitian pada materipedia.com selain materi mengenai metodologi penelitian terdapat pula berbagai macam materi mengenai ekonomi, keagamaan, pendidikan, kepribadian dan lain lain. 

Post a Comment for "Pengertian Metode Penelitian"