Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Secara Umum

 

Pengertian Manajemen

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diterangkan apabila kata manajemen memiliki arti penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai sasaran. Kemudian juga memiliki arti pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.

Secara harfiah kita bisa mendefinisikan manajemen sebagai sebuah cara agar tujuan dapat  dicapai secara teratur dan terarah. Manajemen mau tidak mau memang diperlukan dalam segala aspek kehidupan. Baik itu manajemen untuk kegiatan individu maupun kelompok.

Pengertian manajemen sebenarnya sangat luas, dan penerapannya juga bisa untuk berbagai tujuan. Misalnya diterapkan untuk mengelola waktu agar setiap kegiatan jadi terencana dan bisa dikerjakan dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari pengertian manajemen secara umum dan menurut para ahli seperti berikut ini:

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian manajemen secara umum adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan individu atau kelompok.

Sistem atau manajemen harus dilakukan untuk memenuhi target yang akan dicapai oleh individu atau kelompok tersebut dalam sebuah kerjasama dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Berarti manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengatur segala sesuatu untuk mencapai sebuah tujuan. 


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Secara etimologi pengertian manajemen berarti seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian ini diambil berdasar kata manajemen dari bahasa Perancis, management. Kata manajemen juga bisa diartikan mengendalikan berdasarkan kata maneggiare yang diambil dari bahasa Italia.

Berdasarkan Encylopedia of the Social Science, manajemen merupakan proses yang dalam pelaksanaan tujuannya ada hal yang direncanakan, dilaksanakan, dan diawasi. 

Berikut ini beberapa pengertian manajemen menurut para ahli:

  • Eiji Ogawa, manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi dengan menetapkan sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi.
  • Prajudi Atmosudirdjo mengatakan manajemen merupakan menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai kebutuhan.
  • Luther Gulick juga mengatakan bahwa manajemen adalah bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Dari pengertian manajemen yang diambil dari para ahli tersebut dapat diambil beberapa poin penting. 

Bahwa manajemen mengandung unsur perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, tujuan yang ingin dicapai, juga pelaksana manajemen yang berupa individu atau kelompok. 

Berarti sudah jelas disini bahwa manajemen itu merupakan sebuah seni mengatur dan merencanakan sesuatu guna mencapai sebuah tujuan.

Setelah memahami pengertian manajemen ada beberapa poin penting lainnya yang harus dipelajari juga. Seperti fungsi manajemen, sebenarnya apa fungsi manajemen itu? Apa gunanya menerapkan manajemen dalam sebuah kegiatan? Ada baiknya kita coba pahami fungsi dan poin-poin pelengkap dari manajemen pada materipedia.com ini.

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Secara Umum"