Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Asuransi Syariah

 


Pengertian Asuransi Syariah 

Asuransi syariah merupakan suatu produk yang sudah lama di Indonesia. Jenis asuransi ini sudah cukup terkenal, terlebih bagi kalangan yang ingin memiliki proteksi dari segala resiko kehidupan, tetapi ingin menghindari riba. 

Namun, mungkin pula masih ada banyak orang yang belum begitu memahami pengertian asuransi syariah ini hingga perbedaan mendasarnya dengan produk asuransi konvensional. 

Untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan asuransi ini, materipedia.com telah merangkum informasinya khusus untuk para pembaca.

Pengertian asuransi syariah (dirangkum dari Brainly dan Wikipedia Indonesia) adalah asuransi yang memiliki nama lain Asuransi Ta’min, Takaful, atau Tadhamun yang merupakan sebuah usaha untuk saling memberi perlindungan dan bentuk tolong-menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui aset atau dana tabarru’ yang memberikan bentuk pola pengembalian demi tujuan menghadap resiko tertentu berdasarkan akad yang sesuai dengan prinsip syariah dalam agama Islam.

Secara umum, asuransi syariah hadir dengan tujuan pemenuhan kepentingan maupun keinginan masyarakat yang mengharapkan keberadaan produk asuransi yang halal atau tanpa riba.


Pengertian Asuransi Syariah Menurut Dewan Syariah Nasional dan Para Ahli

Pengertian asuransi syariah menurut Dewan Syariah Nasional dan para ahli juga tak jauh berbeda, yaitu bentuk usaha saling tolong menolong yang dilakukan dalam bentuk aset (tabarru’) dengan pola pengembalian melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

Sistem dalam asuransi syariah menetapkan para peserta untuk menghibahkan sebagian atau seluruh kontribusi yang akan digunakan sebagai pembayaran klaim apabila ada peserta yang mengalami musibah.

Dengan kata lain, peranan dari perusahaan asuransi syariah hanya sebatas pada pengelolaan dana operasional serta investasi dari sejumlah dana yang diterima saja.

Post a Comment for "Pengertian Asuransi Syariah"