Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian apa itu BPJS kesehatan ?

 

 
Sejak tahun 1949 program BPJS mulai diterapkan di Indonesia. Tetapi pada saat itu peserta jaminan kesehatan ini baru mencakup pegawai negeri sipil dan keluarganya saja. 

Sehingga pada tahun 1968, pemerintah Indonesia akhirnya menerbitkan Permenkes No. 1 Tahun 1968 dan membuat Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK), yang bertugas untuk mengatur program jaminan kesehatan bagi pegawai negeri sipil dan penerima pensiun beserta keluarganya.

BPJS Kesehatan awalnya dikenal sebagai ASKES (Asuransi Kesehatan) di bawah pengelolaan PT Askes Indonesia yang pada akhirnya berubah nama menjadi BPJS Kesehatan dan mulai beroperasi sejak 1 Januari 2014

BPJS Kesehatan merupakan badan yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan jaminan pemeliharaan dan perlindungan kesehatan masyarakat seperti yang tertuang dalam UU No. 24 Tahun 2011 agar seluruh masyarakat Indonesia dapat memenuhi kebutuhan dasarnya di bidang kesehatan.

BPJS merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan program jaminan sosial yang dahulu dikenal dengan Jamsostek dan sudah diluncurkan sejak 31 Desember 2013. 

Ada dua jenis jaminan sosial yang dikeluarkan oleh BPJS yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. 

Kedua jaminan sosial ini dikenal dengan program Jaminan Kesehatan Nasional atau sering disingkat dengan istilah JKN.

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan bagian dari program Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang tertuang dalam UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. 

Adapun program – program lain yang termasuk dalam program Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun, Jaminan Masa Tua, dan Jaminan Kematian.



Post a Comment for "Pengertian apa itu BPJS kesehatan ?"