Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Apa itu Agen Asuransi ?

 


Untuk mengetahui lebih dalam mengenai agen asuransi, perlu diketahui pengertian agen asuransi secara resmi. 

Agen asuransi secara definitif tersirat dalam Pasal 1 Ayat 10 UU No.2 Tahun 1992 yang menjelaskan bahwa agen asuransi adalah sebagai seorang atau badan hukum yang kegiatannya memberikan jasa dalam memasarkan jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung (Perusahaan Asuransi).

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan Nomor 69/POJK.05/2016, Agen Asuransi merupakan orang yang bekerja sendiri atau bekerja pada badan usaha atas nama perusahaan (perusahaan asuransi atau perusahaan asuransi syariah), dan memenuhi persyaratan untuk mewakili sebuah perusahaan dan memasarkan produk asuransi/asuransi syariah.

Seorang agen akan membuat kesepakatan antara pihak pengguna asuransi dengan perusahaan asuransi, di mana kesepakatan itu akan diatur dalam sebuah perjanjian asuransi. 

Pekerjaan ini memungkinkan seorang agen untuk bekerja pada satu perusahaan asuransi saja untuk menjaga profesionalisme dan juga waktu yang lebih luang untuk mempelajari produk asuransi dengan target capaian yang telah ditentukan perusahaan.

Post a Comment for "Pengertian Apa itu Agen Asuransi ?"