Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Perusahaan Dagang



Pada dasarnya, perusahaan dagang itu tergolong menjadi 2 macam,diantaranya yaitu: 

Perusahaan Dagang Berdasarkan Jenis Produk yang Dijual Belikan

Jenis perusahaan ini dibedakan menjadi dua kategori, yaitu barang produksi atau mentah dan barang jadi. Berikut ini penjelasannya:

Perusahaan Barang Produksi atau Mentah

Trading company jenis ini merupakan perusahaan yang memperjualbelikan produk berupa bahan baku atau mentah (raw material). Bahan tersebut biasanya dipakai sebagai bahan dasar untuk membuat suatu produk atau alat-alat produksi.

Target perusahaan ini bukanlah masyarakat biasa, melainkan sektor bisnis atau industri yang memerlukan bahan mentah.

Perusahaan Barang Jadi

Kebalikan dari perusahaan barang mentah, produk yang diberdayakan di perusahaan jenis ini adalah barang jadi yang merupakan produk akhir sehingga siap untuk dikonsumsi.

Target pasarnya bisa dari sektor bisnis, pemerintahan, masyarakat, maupun perusahaan lain yang membutuhkan barang jadi.Seperti perusahaan tekstil, elektronik, makanan dan minuman instan, dan lain sebagainya.

Perusahaan Dagang Berdasarkan Jenis Konsumen

Berdasarkan jenis konsumen yang terlibat, trading company dibagi menjadi beberapa macam. Di antaranya sebagai berikut:

Perusahaan Wholesaler (Pedagang Besar)

Perusahaan wholesaler merupakan jenis trading company yang membeli produk dari pabrik secara langsung dalam skala yang terbilang besar.

Produk tersebut kemudian dijual kembali dalam volume atau jumlah yang besar dimana mereka memiliki gudang untuk menyimpan persediaan produknya yang biasanya dikelola dengan sebuah aplikasi gudang.

Perusahaan Middleman (Dagang Perantara)

Perusahaan middleman merupakan trading company yang membeli produk dalam partai besar untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah sedang ke penjual eceran, tidak langsung ke konsumen.

Perusahaan Retailer (Pengecer)

Jenis perusahaan dagang berdasarkan jenis konsumen yang terakhir adalah perusahaan retailer atau pengecer. Perusahaan jenis ini adalah perusahaan yang langsung menjual produk mereka kepada konsumen secara ecer atau satuan. 

Perusahaan ini yang paling sering dijumpai di masyarakat di sekitar lingkungan mereka dan paling sering bertransaksi dengan konsumen tingkat akhir.


Post a Comment for "Macam-Macam Perusahaan Dagang"