Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriteria Anggota Keluarga yang Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan Perusahaan

 

Salah satu jenis kepesertaan BPJS Kesehatan adalah Peserta  Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non – PBI) golongan Pekerja Penerima Upah (PPU) dan Anggota Keluarganya yang iuran kepesertaannya ditanggung sebagian oleh perusahaan.

PPU Badan usaha merupakan golongan para penerima upah yang bekerja pada para pemberi kerja atau pada suatu badan usaha dan menerima gaji sebagai imbalannya. 

Adapun yang termasuk kedalam golongan PPU Badan Usaha antara lain :

1. Pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Golongan PPU BU yang pertama ialah golongan pegawai BUMN. Pegawai BUMN adalah orang yang bekerja pada badan usaha yang dimiliki dan usahanya dimodali sebagian besar atau seluruhnya oleh negara.

2. Pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Ada juga golongan PPU BU yang lain yaitu Pegawai Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD. Hampir mirip dengan pegawai BUMN, Pegawai BUMD merupakan orang yang bekerja pada badan usaha yang didirikan oleh pemerintah daerah.

3. Pegawai Badan Usaha Swasta (BU Swasta)

Terakhir adalah golongan PPU BU dari pegawai usaha swasta. PPU BU golongan ini adalah golongan pegawai yang bekerja pada perusahaan atau badan usaha milik swasta seperti Perusahaan Perseorangan, Perusahaan Persekutuan, Perusahaan Perseroan, Yayasan, dan lainnya.

Berikut beberapa kriteria anggota keluarga yang bisa ditanggung BPJS Kesehatan perusahaan :
  • Anggota keluarga tidak dan belum pernah menikah dan belum memiliki penghasilan sendiri.
  • Anggota keluarga belum berumur 21 tahun atau belum berumur 25 tahun bagi anggota keluarga yang masih melanjutkan pendidikan formal.
Sebagai catatan, apabila anak pertama hingga anak ketiga sudah tidak ditanggung lagi kepesertaannya, maka status anak tersebut dapat digantikan oleh anak selanjutnya berdasarkan urutan kelahiran dan jumlah maksimal anak yang ditanggung adalah sebanyak 3 orang anak yang sah. 

Jika suami istri sama-sama pekerja maka keduanya wajib didaftarkan sebagai peserta PPU oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Peserta PPU BU dapat dan berhak untuk memilih kelas perawatan tertinggi.

Post a Comment for "Kriteria Anggota Keluarga yang Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan Perusahaan"