Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Pelaku Ekonomi dan Perannya


Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi dan juga konsumsi.  Masing-masing kegiatan ekonomi tersebut saling terkait dan tidak bisa terpisahkan dalam kegiatan ekonomi. Sehingga dengan adanya kegiatan ekonomi tersebut pada dasarnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang meliputi kebutuhan primer, sekunder dan juga tersier. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka terjadilah kegiatan ekonomi yang kompleks mulai dari memproduksi barang ataupun jasa, melakukan proses distribusi produk, hingga penggunaan terhadap produk atau konsumsi terhadap produk tersebut.

Setiap individu yang terlibat untuk mencapai tujuan kegiatan ekonomi disebut sebagai pelaku ekonomi. Maka disini akan dibahas mengenai jenis-jenis pelaku ekonomi dan juga perannya, sebagai berikut:

  1. Rumah Tangga Konsumsi, pelaku kegiatan ekonomi ini menjadi penyedia-penyedia faktor produksi untuk pelaku kegiatan ekonomi lainnya. Walaupun sebagai konsumen, pelaku ekonomi rumah tangga konsumsi juga bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan ekonomi. Rumah tangga konsumsi juga bisa menyediakan faktor produksi kepada pelaku ekonomi lainnya, dan akan mendapatkan upah dari penyediaan faktor produksi tersebut. 
  2. Rumah Tangga Produksi, produsen atau perusahaan merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan ekonomi. Sebab, rumah tangga produsen bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan produksi barang atau jasa dengan berbagai cara misalnya mengolah faktor produksi dari rumah tangga konsumen, menjual hasil produksi kepada pelaku ekonomi lainnya, sehingga menerima upah atau imbalan dari penjualan barang dan jasa yang diproduksinya. 
  3. Rumah Tangga Pemerintah, merupakan pelaku ekonomi yang berasal dari pemerintah. Berbeda dengan rumah tangga konsumsi dan juga rumah tangga produksi. Pelaku ekonomi menjalankan kegiatan ekonomi untuk mencari keuntungan demi kepentingan masyarakat. 
  4. Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri, pelaku ekonomi yang berasal dari negara lain, jika rumah tangga masyarakat luar negeri menjadi salah satu pelakj ekonkmi yang sangat penting sebuah negara akan saling bergantung satu sama lain, seperti dalam kegiatan ekspor impor. Kegiatan jni dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dari tiap masing-masing negara dan juga untuk mencari keuntungan dari bidang jasa dan juga investasi keuangan. 

Nah itulah ulasan singkat mengenai jenis pelaku ekonomi dan juga perannya dalam kegiatan ekonomi. 

Semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang lagi belajar materi ekonomi. Biar makin faham kamu dapat juga membuka akses tentang berbagai materi lainnya di materipedia.com

Post a Comment for "Jenis Pelaku Ekonomi dan Perannya"