Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Asuransi Syariah



Serupa dengan asuransi konvensional, asuransi syariah juga tersedia dalam berbagai pilihan jenis produk perlindungan, seperti berikut ini: 

1. Asuransi Kesehatan Takaful Syariah

Pengertian asuransi kesehatan takaful atau syariah adalah jenis produk proteksi yang melindungi kondisi finansial atas risiko hidup dan kesehatan. Perlindungannya mencakup rawat inap, rawat jalan, biaya obat-obatan, dan lainnya.

2. Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Diri Takaful Syariah

Asuransi jiwa takaful atau syariah adalah jenis produk perlindungan yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada penerima manfaat (ahli waris) apabila peserta atau pihak tertanggung meninggal dunia dalam masa berlakunya polis.

Asuransi kecelakaan diri takaful adalah jenis produk asuransi syariah yang memberikan jaminan terhadap risiko kematian, cacat tetap, dan biaya perawatan atau pengobatan yang disebabkan oleh kecelakaan.

3. Asuransi Harta Benda Syariah

Asuransi harta benda syariah adalah jenis produk perlindungan yang memberikan ganti rugi kepada pihak tertanggung atas kerusakan atau kerugian harta benda yang dipertanggungkan dengan penyebab kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, serta asap yang berasal dari kebakaran harta yang dipertanggungkan.

Asuransi properti juga termasuk ke dalam asuransi harta benda yang syariah meliputi asuransi kebakaran dan perluasan jaminannya (seperti gempa bumi, badai, banjir, topan, dan lain sebagainya), serta jaminan kerugian sebagai akibat terganggunya usaha (business interruption) yang disebabkan kebakaran.

4. Asuransi Rekayasa Syariah

Asuransi Rekayasa syariah adalah salah satu jenis produk atau bentuk asuransi yang memberikan pertanggungan atas risiko kehilangan atau kerusakan terhadap objek yang dipertanggungkan yang terkait dengan konstruksi, material, peralatan, atau mesin selama masa konstruksi atau pemasangan mesin terhadap setiap resiko kehilangan atau kerusakan yang tidak terduga, bersifat tiba-tiba, dan merupakan suatu kecelakaan.

Terdapat perluasan pertanggungan asuransi rekayasa syariah, yakni asuransi engineering proyek (asuransi konstruksi/contractor all risk insurance, asuransi pemasangan/erection all risks insurance), dan asuransi engineering non proyek (asuransi peralatan elektronika/electronic equipment insurance, asuransi kerusakan mesin/machinery breakdown insurance, dan asuransi peralatan berat/contractor’s plant and machinery).

5. Asuransi Pengangkutan Barang Syariah

Asuransi pengangkutan barang syariah adalah jenis produk asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian barang yang diangkut dari satu tempat ke tempat lain baik dengan alat angkut darat (truk, kereta, trailer), laut (kapal), atau udara (pesawat udara) terhadap resiko-resiko yang terjadi selama pengangkutan barang.

6. Asuransi Rangka Kapal Syariah

Memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian terhadap kapal, mesin dan perlengkapannya dari bahaya laut (perils of the sea) dan risiko pelayaran (navigational perils).

7. Asuransi Aneka Syariah

Salah satu asuransi aneka syariah adalah asuransi tanggung gugat (liability insurance), yaitu jenis produk asuransi syariah yang menjamin tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga baik berupa cedera badan (bodily injury) dan kerusakan harta benda (property damage) sehubungan dengan aktivitas pekerjaan atau bisnis yang dijalankan oleh tertanggung.

8. Asuransi Uang Syariah

Asuransi uang syariah adalah jenis produk perlindungan yang memberikan jaminan atas kehilangan uang, emas dan/atau yang disetarakan dengan uang (seperti Cek, Bank Notes, Wesel) milik pihak Tertanggung selama disimpan di dalam brankas, lemari besi atau tempat penyimpanan uang lainnya, selama dalam pengiriman dari satu tempat ke tempat lain, saat disimpan di kasir atau loket-loket dimana transaksi dilakukan, dan menjamin hilangnya uang tertanggung akibat ketidakjujuran karyawan yang dipercaya dalam mengelola uang.

Ada beberapa jenis asuransi uang syariah yang tersedia, seperti cash in transit (CIT), cash in safe (CIS), cash in cashier box, dan fidelity guarantee.

9. Asuransi Kebongkaran Syariah

Asuransi kebongkaran syariah adalah jenis produk perlindungan yang menanggung kerugian akibat dari pencurian yang pencurinya memasuki ruangan yang ditempati pihak tertanggung, dengan jalan kekerasan/pembongkaran dan juga kerusakan kepada barang-barang tertanggung sebagai akibat dari perbuatan tersebut.

10. Asuransi Kendaraan Takaful Syariah

Asuransi kendaraan takaful atau syariah adalah jenis produk perlindungan yang menanggung segala kerugian atas kendaraan milikmu, seperti mobil atau motor sesuai dengan prinsip syariah dalam agama Islam. Perlindungannya meliputi risiko kerusakan, hingga kehilangan akibat kecurian.

11. Asuransi Haji

Asuransi haji dibagi atas dua jenis, yaitu asuransi takaful dana haji (untuk takaful individu) dan takaful al-khairat dan tabungan haji (untuk takaful kelompok).

Asuransi takaful dana haji adalah jenis produk asuransi syariah yang memberikan perlindungan dana perorangan yang berencana untuk menunaikan ibadah haji. Sementara takaful al-khairat dan tabungan haji adalah jenis produk asuransi berbentuk perlindungan bagi karyawan yang ingin menunaikan ibadah haji dengan pendanaan melalui iuran bersama dengan keberangkatan bergilir.

Post a Comment for "Jenis - Jenis Asuransi Syariah"