Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Asuransi Jiwa

 

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi berupa program perlindungan terhadap diri sendiri atau orang lain atas kerugian finansial dari risiko-risiko hidup yang mungkin terjadi, termasuk risiko meninggal dunia.

Dilihat dari sisi jangka waktu/periode pertanggungan, asuransi jiwa terbagi atas dua jenis:
  1. Asuransi jiwa berjangka (term life insurance) adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan perlindungan kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Kontrak yang ditawarkan biasanya selama 5 hingga 20 tahun dengan premi tetap dan tergolong paling murah.
  2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance) adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup bagi tertanggung. Meski seumur hidup, tetap ada batas usia maksimal yaitu 100 tahun.

Namun, bila melihatnya dari sisi manfaat, asuransi jiwa dapat dibagi menjadi:
  1. Asuransi jiwa murni adalah produk dengan manfaat perlindungan untuk berbagai risiko kehidupan dengan santunan jiwa, seperti santunan meninggal dunia akibat sebab alami atau kecelakaan dan santunan cacat tetap total akibat kecelakaan, tanpa adanya gabungan produk investasi maupun tabungan sama sekali.
  2. Asuransi jiwa unit link adalah produk yang meliputi manfaat perlindungan risiko, tapi dengan kombinasi manfaat investasi untuk potensi pengembangan dengan alokasi investasi optimal yang terbagi atas berbagai jenis pilihan dana investasi berdasarkan potensi kerja dan tingkat risiko investasi.

Post a Comment for "Jenis - Jenis Asuransi Jiwa"