Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Hipotesis Penelitian



Berdasarkan pada Kategori Rumusannya

Berdasarkan kategori rumusannya, hipotesis penelitian dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Hipotesis nihil (Ho), yaitu hipotesis yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan atau pengaruh antara variabel dengan variabel lain. 
  2. Hipotesis alternatif (Ha), yaitu hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh antara variabel dengan variabel lain.

Hipotesis alternatif dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  1. Hipotesis Terarah (Directional Hypotheses), yaitu hipotesis yang diajukan oleh peneliti, dimana peneliti sudah merumuskan dengan tegas yang menyatakan bahwa variabel bebas memang sudah diprediksi memiliki pengaruh terhadap variabel terikat.
  2. Hipotesis Tak Terarah (Non Directional Hypotheses), yaitu hipotesis yang diajukan dan dirumuskan oleh peneliti tampak belum tegas bahwa variabel bebas akan memiliki pengaruh terhadap variabel terikat.

Fraenkel dan Wallen (1990:42) mengemukakan bahwa hipotesis tak terarah tersebut menggambarkan bahwa peneliti tidak menyusun prediksi secara spesifik tentang arah hasil penelitian yang akan dilakukan. 

Berdasarkan Sifat Variabel Yang Akan Diuji

Berdasarkan variabel yang akan diuji, sifat hipotesis penelitian dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Hipotesis tentang hubungan, yaitu hipotesis yang menyatakan tentang hubungan antara dua variabel atau lebih, mengacu ke penelitian korelasional. Hubungan antara variabel tersebut bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu:
    • Hubungan yang sifatnya sejajar tidak timbal balik.
    • Hubungan yang sifatnya sejajar timbal balik.
  2. Hipotesis tentang perbedaan,  yaitu hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan dalam variabel tertentu pada kelompok yang berbeda. Hipotesis tentang perbedaan mendasari berbagai penelitian komparatif dan eksperimen.

Berdasarkan Keluasan atau Lingkup Variabel Yang Diuji

Berdasarkan keluasan atau lingkup variabel yang diuji, hipotesis penelitian dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Hipotesis mayor, yaitu hipotesis yang mencakup kaitan semua variabel dan semua objek penelitian. 
  2. Hipotesis minor, yaitu hipotesis yang terdiri atas bagian-bagian atau sub-sub dari hipotesis mayor (jabaran dari hipotesis mayor). 

Nah, itulah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkaitan dengan jenis-jenis hipotesis dalam penelitian.

Semoga memberi edukasi serta referensi untuk semua kalangan, serta jangan lupa untuk baca artikel lainnya di materipedia.com


Post a Comment for "Jenis - Jenis Hipotesis Penelitian"