Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah Seputar Asuransi Syariah



Asuransi syariah memiliki beberapa istilah yang dipakai secara khusus. Berikut ini adalah daftar pengertian istilah seputar asuransi syariah termasuk terminologi akad asuransi syariah beserta definisinya: 

1. Akad Tabarru’

Akad tabarru’ adalah akad hibah dalam bentuk pemberian dana dari satu peserta kepada dana tabarru’ untuk tujuan tolong-menolong di antara para peserta yang tidak bersifat dan bukan untuk tujuan komersial.

2. Akad Wakalah bil Ujrah

Akad wakalah bil ujrah adalah akad tijarah yang memberikan kuasa kepada perusahaan sebagai wakil peserta untuk mengelola dana tabarru’ atau dana investasi peserta, sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan dengan imbalan berupa ujrah.

3. Akad Mudharabah

Akad mudharabah adalah jenis akad yang memberikan bagi hasil atas investasi dana tabarru’.

4. Kontribusi

Kontribusi adalah istilah untuk sejumlah dana yang dibayarkan oleh peserta kepada perusahaan yang sebagian akan dialokasikan sebagai iuran tabarru’ dan sebagian lainnya sebagai ujrah untuk perusahaan.

5. Iuran Dana Tabarru’

Iuran dana tabarru’ adalah istilah untuk sebagian dari kontribusi yang dibayarkan oleh peserta yang kemudian dimasukkan ke dalam kumpulan dana tabarru’ dengan akad tabarru’.

6. Dana Tabarru’

Dana tabarru’ adalah istilah untuk kumpulan dana yang berasal dari kontribusi para peserta yang mekanisme penggunaannya berdasarkan akad tabarru’ yang telah disepakati.

7. Surplus/Defisit Underwriting

Surplus atau defisit underwriting adalah istilah untuk selisih lebih maupun kurang dari total kontribusi peserta ke dalam dana tabarru’ setelah dikurangi pembayaran santunan, kontribusi reasuransi, dan cadangan teknis, dalam satu periode tertentu.

Post a Comment for "Istilah Seputar Asuransi Syariah"