Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Oleh Perusahaan Dagang

 

Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan dagang:

Inventory Control

Fitur Penting Software Akuntansi yang Dibutuhkan UKM masa kini. Pencatatan persediaan barang atau inventory control di bidang akuntansi dibedakan menjadi 2 yaitu metode persediaan periodik dan perpetual, berikut penjelasannya: 

Dalam metode periodik, adanya transaksi pembelian tidak di debet pada rekening persediaan tapi  pada rekening pembelian. Begitu pula dengan transaksi penjualan, tidak dikredit pada rekening persediaan tapi pada rekening penjualan. 

Sedangkan pada metode perpetual, baik jumlah penjualan maupun harga pokok penjualan akan dicatat di setiap barang yang dijual.

Cash Flow (Arus Kas)

Inti dari pengelolaan perusahaan dagang adalah arus kas. Dengan dana kas yang terkelola dengan baik, semua aktivitas perusahaan bisa selalu terjaga. Baik itu untuk dana operasional perusahaan, utang-piutang yang jatuh tempo, ataupun bila perusahaan ingin berinvestasi.

Oleh sebab itu laporan keuangan khususnya kas masuk dan kas keluar sangat penting dalam menentukan baik tidaknya kondisi keuangan sebuah perusahaan.

Profit Perusahaan

Profit perusahaan adalah kata kunci untuk menjaga bisnis tetap berkembang. Tanpa profit, perusahaan,akan sulit memperoleh keuntungan sehingga membuat perusahaan tidak berkembang.

Ketika perusahaan dagang mengalami hal ini, maka perusahaan akan kalah bersaing dengan perusahaan lain dan bisa membuat perusahaan gulung tikar.

Kelancaran Utang-Piutang

Utang usaha yang lancar menjadi kekuatan untuk selalu tersedianya stok persediaan pada perusahaan dagang.

Dalam membantu arus kas, umur piutang menjadi penentunya karena penghasil kas adalah dari konsumen. Semakin lama umur piutang, maka perusahaan akan sulit mendapatkan kas.

Rekening Akuntansi yang Digunakan

Akun-akun yang dapat digunakan untuk perusahaan dagang lebih variatif dibandingkan jenis usaha jasa atau jenis usaha manufaktur.

Perusahaan akan terbantu bila mereka menggunakan program akuntansi. Umumnya, software tersebut sudah menyediakan rekening yang sesuai dengan standar akuntansi.

Setelah mengetahui tentang hal-hal penting dalam akuntansi perusahaan dagang, kini saatnya mulai memperhatikan kembali siklus operasi pada perusahaan dagang. Seringkali kendala yang terjadi adalah kurangnya sumber daya manusia yang kompeten dalam memantau siklus ini.

Post a Comment for "Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Oleh Perusahaan Dagang"