Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Syarat dan Cara Daftar Menjadi Agen Asuransi

 

Banyaknya penyelewengan pada perusahaan asuransi yang berhubungan dengan dana nasabah, sehingga dibuatlah peraturan yang berkaitan dengan perasuransian dan telah diatur dalam undang-undang. Hal tentang asuransi ini telah diatur dalam pasal 27 PP No 73 Tahun 1992 yang menyebutkan:

  1. Setiap agen hanya bisa menjadi agen dari satu perusahaan asuransi saja.
  2. Setiap agen wajib memiliki perjanjian dengan perusahaan asuransi.
  3. Semua tindakan agen yang berkaitan dengan transaksi asuransi menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.
  4. Setiap agen harus memberikan keterangan yang benar dan jelas kepada calon nasabah tentang program asuransi yang ditawarkan.

1. Kriteria

Untuk bisa menjadi agen asuransi freelance dan mulai berkarir memasarkan produk asuransi dari sebuah perusahaan, maka ada beberapa kriteria yang harus dimiliki seperti:

a. Kemampuan komunikasi yang baik

Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik maka tentu saja presentasi semua produk asuransi dan biografi perusahaan bisa tersampaikan dengan jelas dan tepat sasaran kepada calon nasabah.

b. Penguasaan produk asuransi

Setiap calon nasabah memiliki pertanyaan yang berbeda-beda tentang layanan asuransi yang ditawarkan. Untuk itu, misalnya seorang agen asuransi Allianz yang cakap harus menguasai semua informasi terkait produk asuransi dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh calon nasabah.

c. Kemauan untuk belajar

Perusahaan asuransi selalu berkembang dan tren calon nasabah juga berubah sehingga seorang agen harus mampu mengembangkan diri untuk terus belajar hal-hal baru terkait produk asuransi maupun interaksi dengan calon nasabah baru.

d. Kecerdasan emosional

Memiliki kecerdasan emosional membuat seorang agen bisa memahami mana produk asuransi yang tepat untuk calon nasabah. Kemampuan kecerdasan emosional ini juga membangun kedekatan yang lebih akrab sehingga calon nasabah merasa diperlakukan seperti keluarga.

e. Kegigihan

Memasarkan produk asuransi memerlukan kegigihan yang besar karena ada target yang harus dicapai. Semakin gigih seorang agen dalam memasarkan produk, maka semakin besar penghasilan yang didapat.


2. Syarat Menjadi Agen Asuransi

Jika tertarik untuk menjadi seorang agen asuransi dan memulai karir secara profesional, maka perlu mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi seorang agen. Dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 69/POJK.05/2016, setiap orang harus melengkapi syarat berikut ini:

  1. Memiliki sertifikat keagenan sesuai dengan bidang usaha.
  2. Terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan.
  3. Terdaftar dalam asosiasi agen asuransi (Asosiasi Asuransi Jiwa indonesia).
  4. Mematuhi kode etik yang ditetapkan oleh asosiasi atau perusahaan asuransi.

Menurut syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh OJK di atas, maka harus memenuhi aturan di bawah ini:

a. Memilih satu perusahaan asuransi

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang bisa dipilih untuk mendaftar sebagai agen. Bahkan perusahaan asuransi asing dengan kredibilitas tinggi bisa jadi target. Cari tahu tentang latar belakang perusahaan dan juga benefit saat akan menjadi agen di perusahaan tersebut. 

b. Mendaftar sebagai agen asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki syarat dan ketentuan berbeda bagi setiap calon agen yang mendaftar. Hal ini juga perlu dipahami karena biasanya setiap agen akan difokuskan pada satu jenis asuransi saja sebagai target produknya. Misalnya asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi properti dan barang mewah, dan lainnya. 

c. Mengikuti pelatihan

Setelah kamu dinyatakan diterima, maka perusahaan asuransi akan mengadakan pelatihan agar agen memiliki bekal untuk berhadapan dengan calon nasabah. Pelatihan ini meliputi wawasan tentang bisnis asuransi dan produk yang ditawarkan. Semua materi pelatihan akan menjadi peluru dalam memasarkan produknya dengan cakap.

d. Mendapatkan sertifikat

Saat pelatihan telah diselesaikan dengan baik, maka akan mendapatkan sertifikat dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia yang mengukuhkan bahwa kamu adalah seorang agen yang siap menghadapi calon nasabah dan memasarkan produk asuransi secara legal dan resmi.

e. Mematuhi peraturan asosiasi dan perusahaan asuransi

Sebagai seorang agen asuransi, perlu mematuhi kode etik dan peraturan dari asosiasi untuk kepentingan bersama. Mengingat ada banyak produk asuransi yang dipasarkan dan berbagai perusahaan asuransi yang bersaing secara sehat di luar sana untuk mendapatkan calon nasabah, maka seorang agen harus bisa menjaga kredibilitas perusahaan dan juga produk-produk asuransi yang ditawarkan.


Post a Comment for "Beberapa Syarat dan Cara Daftar Menjadi Agen Asuransi"