Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa jenis Asuransi dan Penjelasannya

 

Di Indonesia sangat sekali banyak masyarakat yang memiliki asuransi, baik asuransi pendidikan, kesehatan, asuransi jiwa, dan juga jenis asuransi lainnya. Sehingga ada banyak jenis asuransi yang tersedia. Resiko yang dilindungi setiap asuransi pun berbeda-beda.

Namun, pada dasarnya berikut beberapa jenis asuransi yang paling umum dimiliki orang:

  • Asuransi kesehatan, dengan resiko penyakit yang bisa terjadi pada siapapun dan biaya kesehatan yang meningkatkan, tidak heran jika jenis asuransi yang satu ini sangat populer.
  • Asuransi jiwa, biasanya dipakai untuk melindungi resiko meninggal dunia bagi pencari nafkah utama di dalam keluarga.
  • Asuransi pendidikan, menabung untuk biaya pendidikan yang kian tinggi semakin sulit, karena itu tidak ada salahnya jika kamu memulai menabung untuk asuransi pendidikan si kecil.
  • Asuransi rumah, rumah menjadi salah satu kebutuhan primer. Sebab, tidak hanya kita, tapi barang yang kita punya pun bisa mengalami resiko. Maka dari itu, asuransi rumah menjamin kerusakan dadakan pada rumah kamu, seperti kebakaran, pencolongan, dan lainnya.
  • Asuransi kendaraan, sama seperti rumah, kendaraan juga rentan untuk rusak tak terduga, misalnya resiko kecelakaan atau pencurian.
  • Asuransi kecelakaan, selain kendaraan, kamu butuh melindungi diri kamu juga dari resiko finansial kecelakaan. Jika motor kamu perlu perbaikan, kamu juga mungkin membutuhkan biaya medis untuk resiko yang mungkin ada.
  • Asuransi penyakit kritis, walaupun kita mencoba untuk hidup sesehat mungkin, setiap orang tetap mempunyai resiko untuk terkena penyakit kritis. Mulai dari stroke, kanker, hingga penyakit jantung, semua penyakit kritis ini bersifat tak terduga. Biaya untuk membayar tagihan rumah sakitnya pun tidak sedikit, karena itu membutuhkan asuransi.
  • Asuransi perjalanan, biasanya jenis asuransi yang satu ini dijual bersamaan dengan tiket kendaraan yang kamu beli. Naik kereta, kapal, maupun pesawat, semuanya mempunyai pilihan asuransi perjalanan untuk proteksi delay atau kerusakan pada bagasi.

Jenis asuransi yang dipilih pun akan berbeda untuk setiap orang. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis asuransi yang lebih dibutuhkan, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, namun ada yang bersifat sekunder, seperti pendidikan atau kendaraan. 

Hal ini dikarenakan tidak semua orang sudah mempunyai anak atau kendaraan. Tetapi semua orang tentunya mempunyai resiko sakit, baik muda ataupun tua. 

Jangan Lupa untuk baca artikel lainnya mengenai hal asuransi di materipedia.com 

Post a Comment for "Beberapa jenis Asuransi dan Penjelasannya"