Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu BPJS dan BPJS Ketenagakerjaan?

 


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan suatu badan hukum publik yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap presiden untuk memberikan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. 

BPJS diatur dalam UU No.40 Tahun 2004, dan mulai beroperasi sejak tahun 2014. Setiap perusahaan harus mendaftarkan karyawannya ke dalam layanan BPJS ketenagakerjaan. 

Pendaftaran BPJS dan juga proses pencairan BPJS dapat dilakukan secara online. Sehingga, masyarakat umum pun dapat mendaftarkan diri sebagai anggota dan mendapatkan layanan kesehatan dengan membayarkan iuran secara berkala sesuai dengan golongan yang didaftarkan. 

Adapun layanan kesehatan BPJS dibagi menjadi tiga tingkatan, diantaranya yaitu:
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (I): Rujukan pelayanan kesehatan pertama yang didatangi oleh pasien BPJS yaitu Puskesmas, Klinik dan Dokter Umum. 
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Kedua (II): Rujukan pelayanan kesehatan lanjutan setelah mendapatkan rujukan dari Fasilitas Kesehatan (I) yang dilakukan oleh dokter spesialis. 
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL): Rujukan pelayanan kesehatan lanjutan akhir jika Fasilitas Kesehatan (II) tidak sanggup menangani seperti rumah sakit khusus. 

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertujuan memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja Indonesia dari resiko sosial ekonomi. 

Post a Comment for "Apa itu BPJS dan BPJS Ketenagakerjaan?"