Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Ulumul Al-Qur’an

 

Melalui  ‘ulum  al-Qur’an,  umat   Islam   dapat   mengetahui   cara   wahyu al-Qur’an turun dan diterima oleh Nabi Muhammad SAW, cara beliau menerima dan membacanya, cara mengajarkannya kepada para sahabat, dan cara menerangkan tafsiran-tafsiran ayat kepada mereka. Dengan ‘ulum al-Qur’an, akan diketahui perhatian umat Islam terhadap kitab suci pada setiap abad dan usaha mereka dalam memelihara, menghafal, menafsirkan, dan mengistinbatkan hukum-hukum ajaran al-Qur’an (Izan:10).

‘Ulum al-Qur’an dijadikan alat bantu yang paling utama dalam upaya membaca lafal ayat-ayat al-Qur’an, memahami isi kandungannya, menghayati, dan mengamalkan aturan dan hukum ajarannya, serta menyelami rahasia dan hikmah disyariatkannya suatu peraturan hukum. 

Hanya mengetahui dan menguasai pembahasan ‘ulum al-Qur’an, seseorang akan bisa membaca lafal ayat- ayatnya dengan baik sesuai dengan kaidah dan aturan yang ditetapkan. Dengan ‘ulum al-Qur’an, seseorang akan bisa mengerti isi kandungan al-Qur’an, baik berupa kemukjizatan maupun hukum-hukum petunjuk ajarannya berdasarkan keterangan ‘ilmu i‘jaz al-Qur’an, ‘ilmu tafsir al-Qur’an, dan ‘ilmu ushul al-fiqh.

‘Ulum al-Qur’an merupakan alat untuk melawan non-muslim yang selalu mengingkari kebenaran al-Qur’an dan memberi bantahan atas tuduhan orang- orang orientalis yang menyatakan bahwa sumber al-Qur’an berasal dari Nabi Muhammad SAW. 

Dalam perjalanan panjang sejarah Islam, setiap zaman selalu muncul orang yang melemparkan tuduhan keji terhadap kesucian al-Qur’an dengan dalih kebebasan berpikir. Dengan demikian, umat Islam berkewajiban menjaga eksistensi dan fungsi al-Qur’an dengan mempertahankan kesucian, kemuliaan, dan kegunaannya. Untuk membelanya, instrumen yang digunakan adalah ‘ulum al-Qur’an. Melalui ilmu al-Qur’an, umat Islam dapat melawan musuh-musuh Islam, terutama orientalis yang selalu membantah kebenaran al- Qur’an.

Maka dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan mempelajari 'ulumul al-Qur'an yaitu
dapat mengetahui ihwal  Al-Qur’an sejak turunnya hingga saat ini, menjadi perangkat yang membantu membaca lafalnya, memahami kandungan, menghayati dan mengamalkan aturan serta memahami  hikmah dan rahasia pensyariatan suatu aturan, menjadi alat untuk melawan orang yang mengingkari kewahyuan Al-Qur’an. Selain itu juga manfaat mempelajari 'ulumul al-Qur'an ialah bisa memahami, mengaplikasikan perintah Allah SWT melalui al-Qur'an dalam prospek kehidupan konkret serta ajaran kehidupan sehabis hari akhir.

Post a Comment for "Tujuan Ulumul Al-Qur’an"