Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Perdagangan Internasional

 

Perdagangan internasional memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan Gross Domestic Product (GDP). Maksudnya perdagangan internasional bertujuan untuk meningkatkan total nilai dari produksi barang maupun jasa yang dijual oleh suatu negara pada negara lain selama satu tahun lamanya.

Selain tujuan utama tersebut, perdagangan internasional juga memiliki tujuan lain diantaranya sebagai berikut: 

Pertumbuhan ekonomi

kenaikan produk nasional bruto (GDP) ini dihasilkan melalui faktor produksi milik warga negaranya yang tinggal di dalam maupun luar negeri dan warga negara yang tinggal didalamnya maupun yang tinggal di luar negeri tidak termasuk ke dalam GDP jadi hanya faktor produksi saja. 

Menaikan devisa negara

melalui pertukaran perdagangan dengan cara mengimpor maupun mengekspor barang yang ada di dalam ke luar negeri dan begitu pula sebaliknya. 

Mempengaruhi stabilitas harga barang ekspor.

stabilitas harga yang dimaksud merupakan cara pemerintah mempertahankan harga ketika terjadi inflasi yang mulai tinggi. Karena inflasi sendiri merupakan peningkatan ketersediaan uang sehingga dapat menyebabkan kenaikan harga barang. 

Eksistensi tenaga kerja.

merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kelancaran dari segala tindakan yang berhubungan dengan pengadaan barang maupun jasa. Pertumbuhan ekonomi yang terjadi di suatu negara dapat membuat perusahaan pengekspor akan menerima banyak pesanan sehjngga perusahaan akan membutuhkan tenaga kerja tambahan agar dapat menyelesaikan pesanan permintaan konsumen. 

Memengaruhi kebutuhan dinegara lain.

dengan adanya kerjasama perdagangan internasional dapat membuat negara lain yang tidak memiliki barang maupun jasa yang diinginkan menjadi terpenuhi. 

Memperoleh keuntungan internal serta eksternal.

kebijakan perdagangan internasional ini tentu memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan swcara internal maupun eksternal. Sebab suatu negara tidak akan mampu untuk memenuhi kebutuhan penduduknya apabila negara tersebut tidak melakukan kerjasama dengan negara lain dan hanya mengandalkan dari pungutan pajak saja. 

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan penduduk negara akan berusaha meraih keuntungan yang dapat diperoleh melalui persetujuan kerjasama perdagangan internasional antar negara. 

Memperluas pasar.

maksudnya yaitu agar sebuah perusahaan yang ada dalam negara tersebut dapat menjalankan mesin produksinya secara maksimal.

Transfer tekhnologi modern.

dapat berupa mesin maupun vaksin seperti saat ini, di negara kita belum bisa memproduksi dan menguji keefektifan vaksin dari virus covid 19 sehingga negara lain memberikan vaksin hal produksinya untuk indonesia, dimana kedua negara tersebut saling memenuhi kebutuhan dari tiap negaranya. 

Post a Comment for "Tujuan Perdagangan Internasional"