Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat dan Tujuan Investasi Syariah



Untuk para pemula dianjurkan untuk mengetahui jika akan berinvestasi, maka hal apa sajakah yang harus diperhatikannya? mari kita simak artikel berikut!

  • Hanya berinvestasi di perusahaan-perusahaan halal, sehingga syarat yang paling penting dari investasi syariah adalah penempatan dana hanya dilakukan di perusahaan halal. Dengan tujuan agar terhindar dari riba dan hal-hal yang dilarang oleh syariat islam. 
  • Akad wakalah bil ujrah dan mudharabah, sehingga dalam hal ini akad wakalah bil ujrah merupakan penjaminan atas wali dalam investasi berbasis syariah. Sedangkan akad mudharabah adalah bentuk kepercayaan pemilik modal kepada investor dan juga sebaliknya.
  • Tidak mengandung gharar dan maysir, sebagaimana diketahui gharar adalah pemberian investasi yang cacat dan tidak lengkap sehingga akan membuat nasabah atau investor kebingungan. Sedangkan, maysir adalah resiko investasi yang berlebihan. Maka dari itu dapat disimpulkan dari kedua hal tersebut sangatlah tidak boleh dilakukan dalam berinvestasi syariah.
  • Adanya proses pembersihan keuntungan, ketika terdapat proses pembersihan pendapatan pada investasi maka secara berkala akan selalu dilakukan pengecekan apakah investasi tersebut dihasilkan dari sumber yang sesuai syariah islam atau tidaknya. 

Tujuan Investasi Syariah

Tujuan dari investasi pada dasarnya sama, yaitu untuk mendapatkan keuntungan finansial berupa imbal hasil dengan nilai yang setinggi mungkin, hal ini juga berlaku pada tujuan dari investasi syariah.

Namun harus diketahui pula karena pada investasi syariah imbal hasil bukanlah satu-satunya tujuan utamanya. Sebab, ada hal lain yang menjadi nilai dari investasi berbasis syariah ini yaitu mengedepankan Socially Responsible Investment. Yang dimana Socially Responsible Investment ini merupakan keseimbangan antara keuntungan yang tinggi dengan nilai kebajikan sosial. 

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa investasi berbasis syariah bertujuan untuk dapat membangun dan membantu perekonomian masyarakat sebagai salah satu bentuk amal ibadah selain ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Post a Comment for "Syarat dan Tujuan Investasi Syariah"