Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permasalahan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi

 

Permasalahan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi


Negara Indonesia memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah dan berkualitas. Seharusnya dengan kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, Indonesia dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. 

Namun, realitanya hingga saat ini masih saja pembahasan mengenai pengangguran belum kelar juga, lantas apa sajakah permasalahan yang terjadi saat ini? Mari kita simak artikel berikut:

  • Perlindungan kesejahteraan tenaga kerja yang belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari standar upah yang belum memenuhi kebutuhan masyarakat, kondisi tempat kerja yang buruk dan juga ketidakadilan dalam dunia kerja masih dirasakan oleh sebagian tenaga kerja. Hal ini akan menyebabkan kesejahteraan dan motivasi kerja akan menurun. Sehingga ada faktor yang dapat mempengaruhi kesejahteraan tenaga kerja adalah tingkat ekonomi masyarakat, stabilitas politik dan iklim investasi.
  • Penyebaran angkatan kerja yang tidak merata, sekitar 60% penduduk terpusat di pulau Jawa, sehingga hal ini menyebabkan persebaran tenaga kerja yang tidak merata karena angkatan tenaga kerja lebih terfokus di pulau Jawa. Sedangkan, daerah lain yang wilayahnya masih luas masih ada yang kekurangan tenaga kerja. 
  • Rendahnya tingkat pendidikan dan keterampilan, tingkat pendidikan yang rendah akan berdampak pada keterampilan yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga faktor ini sangat berpengaruh pada rendahnya penyerapan tenaga kerja di Indonesia. 
  • Jumlah angkatan kerja yang tinggi, negara Indonesia merupakan negara yang jumlah penduduknya terbanyak. Semakin tinggi jumlah penduduk semakin tinggi pula angkatan kerjanya, jika tidak diimbangi dengan lapangan kerja yang memadai maka pengangguran akan meningkat sehingga tingkat kesejahteraan menurun. Kelebihan tenaga kerja dapat menyebabkan pasar kerja kurang berkualitas, sehingga menyebabkan produktivitas tenaga kerja menjadi rendah. 
  • Tingkat pengangguran yang tinggi, tinggi rendahnya pengangguran suatu negara dapat dijadikan tolak ukur kemakmuran suatu bangsa. Tetapi angka pengangguran di Indonesia masih relatif tinggi, sementara daya saing atau produktivitas tenaga kerja juga masih rendah. 


Post a Comment for "Permasalahan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi"