Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional

 


Apa sajakah perbedaan dari investasi syariah dan konvensional? mari disimak yuk! 

  1. Menggunakan Sistem Bagi hasil, pada investasi syariah pembagian keuntungan dilakukan dengan menggunakan sistem bagi hasil dan juga keuntungan dari bagi hasil pada investasi syariah ini dilakukan agar terhindar dari riba. Sedangkan pada investasi konvensional pembagian keuntungan didapatkan sari bunga yang sebesar-besarnya. 
  2. Adanya Musyawarah Untung dan Rugi, dalam pelaksanaan investasi syariah terdapat musyawarah untung dan rugi di antara kedua belah pihak. Sehingga musyawarah inii dilakukan dengan melalui proses akad syariah yang melibatkan prinsip akad bagi hasil, kerjasama, dan ijarah. Sedangkan dalam investasi konvensional tidak adanya proses akad yang dilakukan kedua belah pihak karena hanya memprioritaskan hasil yang tinggi. 
  3. Emiten Saham tidak Bertentangan dengan Ajaran Islam, dalam investasi syariah segala proses dan aktivitasnya selalu berdasarkan ajaran syariat islam, termasuk dalam jual dan beli saham. Pada investasi berbasis syariah transaksi jual beli saham pada pasar modal didasarkan pada prinsip-prinsip islam seperti mudharabah, musyarakah, dan juga ijarah sehingga terbebas dari riba dan hal-hal yang tidak disenangi oleh islam. Emiten saham dalam investasi berbasis syariah tidak bertentangan dengan ajaran islam. Pada jenis investasi lain yang tidak berdasarkan pada syariat islam seringkali emiten melakukan transaksi jual beli saham dengan tidak mempedulikan nilai halal dan haramnya pada saham tersebut sehingga terdapat potensi kecurangan atau manipulasi dari salah satu pihak. 

Nah.. itulah perbedaan investasi syariah dan konvensional, yang harus dipahami dari perbedaan tersebut adalah pada dasarnya investasi terbaik itu investasi yang sesuai dengan nilai, kebutuhan dan tujuan yang jngin kamu capai.

Jangan mudah tergoda dengan tawaran investasi yang return nya tinggi namun tidak realistis. Sehingga kamu terlebih dahulu pastikan melakukan analisis sebelumnya agar terhindar dari kerugian. 

Post a Comment for "Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional"