Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Ekonomi Mikro dan ekonomi Makro - MateriPedia.com



Bagaimana ekonomi mikro dan makro mempengaruhi jalannya bisnis? mati kita simak ulasan berikut ini: 

1. Hukum penawaran dan permintaan suatu bisnis memperoleh keuntungan dengan berupaya memahami pola perilaku konsumennya dan juga mengamati interaksi antara produsen dan pembeli (konsumen). 

Hal-hal yang mempengaruhi permintaan sendiri diantaranya harga barang, pendapatan konsumen, tingkat kebutuhan serta minat konsumen.

2. Start-up sebagai perusahaan baru yang berada dalam tahap penelitian serta pengembangan untuk menemukan segmentasi pasar yang tepat. Saat memulai bisnis riset industri adalah hal yang sangat penting dilakukan, sehingga  analisis minat pasar bertujuan menyediakan dan mengembangkan produk serta layanan yang sesuai dengan kebutuhan target market yang dituju.

3. Siklus ekonomi maksudnya yaitu tingkat permintaan yang tinggi akan memicu kenaikan harga, yang kemudian akan berpengaruh terhadap lebih sedikitnya jumlah anggaran yang dikeluarkan. Kemudian saat jumlah penawaran melebihi jumlah permintaan, hal ini akan turut berperan dalam kemakmuran masyarakatnya. 

Siklus ekonomi sendiri merupakan gelombang naik-turunnya suatu aktivitas ekonomi yang terdiri atas, empat elemen: gerakan naik atau biasa dikenal dengan upturn atau expansion, titik puncak atau kulminasi, gerakan menurun atau biasa dikenal dengan downturn atau recession, serta titik terendah atau nadir.

4. Biaya barang dan jasa maksudnya dalam teori ekonomi mikro, perusahaan berupaya meningkatkan efisiensinya terhadap produksi berdasarkan kepada tingkat pendapatan tertinggi, dengan memperhitungkan berbagai biaya tambahan namun hanya minimal saja.

Misalnya saat produksi ditingkatkan maka kebutuhan akan tenaga kerja akan meningkat pula, hal ini kemudian akan meningkatkan biaya upah serta potensi perubahan harga jual serta dalam ekonomi mikro, biaya tenaga kerja biasanya menjadi biaya tertinggi dari suatu bisnis.

5. Keputusan penetapan harga dalam ekonomi mikro terdapat harga keseimbangan atau harga yang terbentuk pada titik pertemuan antara kurva penawaran dan permintaan. Harga produk dan layanan ini kemudian akan berdampak terhadap banyak atau sedikitnya jumlah konsumen.

Misalnya, saat menetapkan harga di atas rata-rata bukan berarti keuntungan yang lebih besar, karena lebih sedikit orang yang akan membeli produk karenanya harga produk harus sesuai dengan anggaran konsumen sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.


Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro


Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro dapat dilihat melalui pengertian, variabel, dan ruang lingkupnya. Ekonomi mikro sebagai cabang ilmu ekonomi mempelajari berbagai variabel ekonomi dalam lingkup kecil, seperti perusahaan dan rumah tangga ia mempelajari mulai dari variabel ekonomi yang lebih kecil (konsumsi, investasi, dan tabungan).

Ruang lingkup yang dikaji oleh ekonomi mikro adalah konsumen dan produsennya. Sementara pada ekonomi makro kita akan mempelajari berbagai variabel ekonomi secara keseluruhan. Variabel ini akan berdampak luas terhadap kesempatan kerja, laju inflasi, pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, hingga neraca pembayaran internasional.

Landasan teori ekonomi makro adalah teori Keynes. Ruang lingkup teori ekonomi makro adalah usaha masyarakat dan pemerintah dalam mengelola faktor produksi secara efisien. Selain pengertian, variabel, dan ruang lingkup, hal yang dapat menjabarkan perbedaan ekonomi mikro dan makro, yaitu unit dan tujuan analisis dari masing-masing jenis ekonomi tersebut.

Unit analisis dari ekonomi mikro, yaitu pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual (contoh: permintaan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi dari perusahaan), sedangkan unit analisis dari ekonomi makro, yaitu pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan (contoh: pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi).

Kemudian tujuan analisis dari ekonomi mikro adalah lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat, sedangkan tujuan analisis dari ekonomi makro adalah lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

Post a Comment for "Perbedaan Ekonomi Mikro dan ekonomi Makro - MateriPedia.com"