Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ulumul Al-Qur’an



Secara etimologis, ‘ulum adalah jamak  dari  kata  ‘ilm  yang  maknanya sinonim dengan ma‘rifah, fahm, dan yaqin

Ulumul Qur’an (‘Ulûm Al-Qur’an) adalah ilmu-ilmu yang membahas segala sesuatu tentang Al Qur'an, mulai dari pengertian Al-Qur’an, pengertian wahyu, sejarah turunnya Al-Qur’an, sejarah pengumpulan Al-Qur’an, makkiyah dan madaniyah, latar belakang turunnya ayat atau kelompok ayat tertentu, kisah- kisah dalam Al-Qur’an, mukjizat Al-Qur’an dan lain sebagainya sampai kepada pembahasan tentang tafsir Al-Qur’an (Yunahar, 2014: 1). 

Sehingga yang  dimaksud  dengan  Ulumul   Qur’an   (‘Ulûm   Al-Qur’an)  adalah ilmu-ilmu yang membahas segala sesuatu tentang Al Qur'an, mulai dari pengertian Al-Qur’an, pengertian wahyu, sejarah turunnya Al-Qur’an, sejarah pengumpulan Al-Qur’an, makkiyah dan madaniyah, latar belakang turunnya ayat atau kelompok ayat tertentu, kisah-kisah dalam Al-Qur’an, mukjizat Al-Qur’an dan lain sebagainya sampai kepada pembahasan tentang tafsir Al-Qur’an.

Al- Quran adalah kitab Allah yang berisi kalam dari Yang Maha Suci, mukjizat Nabi Muhammad yang abadi, diturunkan kepada seorang Nabi yang terakhir yakni Nabi Muhammad saw, penutup para Nabi dan Rasul dengan perantaraan malaikat Jibril alaihissalam. Istilah Ulumul Quran berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata ulum dan Al-Quran. Kata ulum merupakan bentuk jamak dari kata ilmu.

Di Indonesia sendiri kajian tentang Ulumul Qur’an berada di tengah- tengah antara kajian yang dilakukan orang-orang Barat dan tradisi klasik, yang sebenarnya tradisi klasik ini lebih bisa dianggap sakral dalam mengkaji wahyu Tuhan ketimbang pendekatan pendekatan modern yang berkembang pesat. Dalam definisinya ulumul Qur’an sendiri adalah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al Qur'an baik pembahasannya dan juga pengertiannya mulai dari sebab diturunkannya sebuah ayat dan surat, qira’at, makiyah dan madaniyah, dan lainya (manna’ Al-Qaththan, 1973: 15).

Sedangkan menurut terminologi terdapat berbagai definisi yang dimaksud dengan ulumul Qur’an antara lain :

As Suyuthi dalam kitab itmamu al-Dirayah mengatakan :

علم يبحث فيه عن أحوال الكتاب العزيز من  جهة نزوله وسنده وادابها وألفاظه ومعانيه المتعلقة بالأحكام وغير ذالكّ.

“Ilmu yang membahas tentang keadaan Al-Qur’an dari segi turunya, sanadnya, adabnya makna-maknanya, baik yang berhubungan lafadz-lafadznya maupun yang berhubungan dengan hukum-hukumnya, dan sebagainya”.

Al-Zarqani memberikan definisi sebagai berikut:

مباحث تتعلّق بالقرآن الكريم من ناحية نزوله وترتيبه وجمعه وكتابته وقراءته وتفسيره وإعجازه وناسخه ومنسوخه ودفع الشّبه عنه ونحو ذلك.

“Beberapa pembahasan yang berhubungan dengan Al-Qur’an Al-Karim dari segi turunya, urutanya, pengumpulanya, penulisanya, bacaanya, penafsiranya, kemukjizatanya, nasikh mansukhnya, penolakan hal-hal yang bisa menimbulkan keraguan terhadapnya, dan sebagainya”.

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa ulumul qur’an adalah ilmu yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan Al-Qur’an, baik dari aspek keberadaanya sebagai Al-Qur’an maupun aspek pemahaman kandunganya sebagai pedoman dan petunjuk bagi manusia atau ilmu-ilmu yang berhubungan dengan berbagai aspek yang terkait dengan keperluan membahas al-Qur’an.

Post a Comment for "Pengertian Ulumul Al-Qur’an"