Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kepribadian dan Perkembangannya


Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain, maka dari itu manusia memiliki potensi atau kemampuan untuk bersosialisasi, berinteraksi sosial secara positif dengan orang lain dan lingkungannya. Sehingga dalam diri manusia memiliki kepribadian berbeda-beda karena kepribadian bukanlah sesuatu yang dapat dikenakan atau ditinggalkan sebagaimana orang menggunakan pakaian ataupun mengikuti gaya mode tertentu. Maka disinilah pembahasan mengenai pengertian kepribadian itu sendiri.


Pengertian Kepribadian


Kepribadian adalah tentang diri pribadi secara keseluruhan dan sesuatu yang unik pada diri masing-masing individu. Menurut Gordon Allport (1951), seorang psikolog Jerman yang merupakan pakar kepribadian mengatakan bahwa kepribadian adalah organisasi dinamis dalam individu sebagai sistem psikofisik yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan, yang merupakan satu kesatuan tersendiri yang terpisah dari lingkungannya. Sehingga dalam diri setiap individu terdapat organisasi sistem psikofisik yang disebut kepribadian, kepribadian inilah yang menentukan reaksi individu terhadap lingkungannya.

Adapun kepribadian merupakan terjemahan dari bahasa inggris yaitu personality. Kata personality berasal dari bahasa latin persona yang berarti topeng yang digunakan oleh para aktor dalam suatu permainan atau pertunjukan. Disinilah para aktor menyembunyikan kepribadian asli dan menampilkan dirinya sesuai dengan topeng yang digunakan. Kehidupan sehari-hari kata kepribadian digunakan untuk menggambarkan: 
  • Identitas diri, jati diri seseorang, seperti: "saya seorang yang terbuka atau seorang yang pendiam"
  • Fungsi-fungsi kepribadian yang sehat atau bermasalah, seperti: "dia baik atau dia pendiam"
  • Kesan umum seseorang tentang diri anda atau orang lain, seperti: "dia agresif atau dia jujur".

Maka pengertian kepribadian secara umum merupakan seseorang merujuk pada bagaimana mereka tampil dan memberikan kesan kepada orang lain. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian kepribadian secara umum itu memiliki sifat lemah dikarenakan mereka hanya menilai perilaku seseorang bisa diamati saja dan tidak menganggap bahwa mungkin ciri-ciri tersebut akan berubah seiring berjalannya waktu.


Post a Comment for "Pengertian Kepribadian dan Perkembangannya"