Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian apa itu Koperasi ?

 


Kata koperasi diambil dari bahasa inggris, yakni cooperation. Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah kerja sama. Menurut Undang-Undang  No 25 Tahun 1992, koperasi dapat diartikan sebagai sebuah badan usaha yang beranggotakan sekumpulan orang yang kegiatannya berlandaskan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasaskan kekeluargaan. 

Sementara yang menjadi bapak koperasi dan juga sebagai bapak proklamator kita yaitu Mohammad Hatta, mengemukakan yang dimaksud dengan koperasi adalah suatu jenis badan usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong. 

Maka dari itu, tidak heran jika kegiatan koperasi mengarah pada kegiatan tolong menolong untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya. Sehingga menjadikan penyebab koperasi sendiri begitu sangat bermanfaat untuk banyak orang.

Masyarakat di negara Indonesia sangat menjunjung tinggi kekeluargaan dan gotong royong menjadikan koperasi sebagai lembaga ekonomi yang sangat cocok diterapkan di Indonesia. Bahkan sistem perekonomian Indonesia memiliki fundamen yang berbunyi "Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan". Hal ini tertuang pada pasal 33 Undang Undang Dasar Tahun 1945 ayat 1

Ayat kedua pada pasal yang sama menyebutkan secara langsung bahwa pemerintah memiliki peran yang sangat berpengaruh pada perekonomian suatu negara.

Pemerintah memiliki wewenang agar pembangunan negara tidak lagi eksklusif. Sehingga dengan terwujudnya pembangunan yang inklusif maka pembangunan yang dilakukan perlu difokuskan pada pembangunan manusianya bukan sekedar ekonominya. 

Sebab, kemajuan ekonomi yang berbasis kemajuan sumber daya manusia, mampu mewujudkan kesejahteraan ekonomi yang merata. 

Post a Comment for "Pengertian apa itu Koperasi ?"