Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Apa itu Inflasi ?

 

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. 

Penyebab Inflasi 

  • Peredaran uang, ketika jumlah uang yang beredar di masyarakat tinggi maka akan terjadi inflasi. Hal ini dikarenakan ketika jumlah uang yang beredar di masyarakat meningkat, maka harga barang akan ikut mengalami kenaikan. Karena mengalami kenaikan daya beli masyarakat, sedangkan stok barang sedikit maka harga barang akan naik.
  • Meningkatnya jumlah permintaan, pada suatu jenis barang atau jasa tertentu ketika permintaan  meningkat sementara stok barang yang tersedia tidak memadai maka akan terjadi kenaikan harga.
  • Meningkatnya biaya produksi, biaya produksi yang baik bisa disebabkan karena beberapa hal seperti naiknya harga bahan baku. 

Jenis-jenis Inflasi 

Inflasi Berdasarkan Penyebabnya :
  1. Cost push inflation, terjadi karena adanya kenaikan biaya produksi sehingga akan terjadi harga penawaran barang mengalami kenaikan. 
  2. Demand pull inflation, terjadi karena permintaan akan barang atau jasa lebih tinggi dari yang bisa dipenuhi oleh produsen. 
  3. Bottleneck inflation, terjadi karena  disebabkan oleh permintaan atau penawaran (campuran).

Inflasi Berdasarkan Sumbernya :
  1. Inflasi berasal dari dalam negeri, terjadi karena jumlah uang yang ada di masyarakat lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Inflasi ini juga biasanya terjadi ketika barang atau jasa tertentu berkurang sedangkan permintaan pasar tetap yang membuat harga akan menjadi naik.
  2. Inflasi berasal dari luar negeri, disebabkan karena harga barang-barang impor atau barang yang berasal dari luar negeri semakin mahal karena adanya kenaikan harga di negara asal barang itu diproduksi.

Inflasi Berdasarkan Dampaknya :
  1. Inflasi ringan, merupakan inflasi yang mudah untuk dikendalikan dan belum begitu mengganggu perekonomian suatu negara. Terjadi kenaikan harga barang atau jasa secara umum, biasanya dibawah 10% pertahun dan masih dapat dikendalikan.
  2. Inflasi sedang, inflasi tingkat ini dapat menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat berpenghasilan tetap, tetapi belum membahayakan aktivitas perekonomian negara. Inflasi sedang berada di kisaran kenaikan harga 10%-30% pertahun. 
  3. Inflasi berat, jenis inflasi ini  bisa mengakibatkan kekacauan perekonomian suatu negara. Ketika inflasi berat ini terjadi, maka pada umumnya akan membuat masyarakat lebih memilih menyimpan barang dan tidak mau menabung karena bunganya jauh lebih rendah ketimbang nilai inflasi. Kenaikan harga pada inflasi berat ini ada di kisaran 30%-100% pertahun.

Post a Comment for "Pengertian Apa itu Inflasi ?"