Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian dan Perkembangannya : Peniaian Kepribadian



Penilaian merupakan hasil akhir dari kesimpulan pengumpulan informasi yang dimaksudkan untuk memajukan teori dan penelitian psikologis serta untuk meningkatkan kemungkinan bahwa keputusan yang bijaksana akan dibuat dalam pengaturan yang diterapkan. Penilaian kepribadian selalu disadarkan pada asumsi bahwa banyak variabilitas perilaku yang dapat diamati dari satu orang ke orang lain.
Sehingga dapat menghasilkan perbedaan sejauh mana individu memiliki karakteristik pribadi yang mendasarinya.

Pengukuran kepribadian dapat dilakukan dengan berbagai teknik, diantaranya yaitu: 

Teknik Objektif


Salah satu teknik pengukuran kepribadian dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang terstruktur dan dapat diskor secara objektif. Syarat mutlak dari pengukuran kepribadian secara objektif ini adalah keterandalan dan keabsahan.

Teknik Proyektif


Suatu teknik yang melalui penggalian imajinasi individual melalui stimulus yang tidak jelas dan bermakna ganda. Teknik ini didasari asumsi bahwa orang mengungkapkan sesuatu tentang dirinya sendiri melalui pembentukan imajinatif. 

Jadi individu memproyeksikan kepribadian melalui stimulus tersebut.
Metode yang digunakan dalam deskripsi dan pengukuran kepribadian termasuk dalam beberapa kategori yang berbeda terkait dengan jenis informasi yang dikumpulkan dan metode yang digunakan untuk memperolehnya.

Meskipun semua harus bergantung pada data, yang berdasarkan dari pengamatan langsung terhadap perilaku manusia, jika mereka ingin setidaknya memiliki kemiripan nilai ilmiah, semua mungkin berbeda dalam kaitannya dengan asumsi yang mendasari, validitas, dan reliabilitas.

1 comment for "Kepribadian dan Perkembangannya : Peniaian Kepribadian"