Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian dan Perkembangannya : Tipe Kepribadian


Waktu dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap karakter setiap individu. Sehingga setiap individu memiliki karakter kepribadian berbeda-beda seiring berjalannya waktu. Dalam buku The Four Tempraments ada empat jenis kepribadian manusia yaitu sanguinis, melankolis, koleris dan plegmatis. Nah bagaimana penjelasannya dari empat jenis kepribadian manusia tersebut? simaklah ulasan berikut ini.


Tipe Sanguinis

Seorang individu yang memiliki tipe sanguinis ini selalu terlihat bersemangat , selalu ceria, pergaulannya yang hangat dan menikmati kehidupannya walau dalam kondisi apapun.

Ciri lainnya dari tipe sanguinis ini ketika harus mengambil suatu keputusan cenderung lebih mendasarkan perassan daripada pemikiran, serta selalu mencari kesenangan tidak suka membiarkan hatinya terlarut dalam kesedihan, gaya tersendiri dalam bicaranya bersuara keras dan ramah yang membuatnya tampak percaya diri, pandai menularkan perasaan semangat kepada orang lain, ingin merasa dirinya dikenal banyak orang agar orang lain mengikuti jejaknya.

Tipe Melankolis

Tipe kepribadian ini dikatakan pula “pemikir” dan “sempurna” merupakan tipe manusia yang dalam pergaulannya bersifat tempramen, memiliki sifat seni yang tinggi, akurasi pemikirannya lebih akurat, terkadang sangat sensitif, bakatnya menonjol dan dia rela berkorban demi apapun yang dibelanya, ia juga suka menyalahkan diri sendiri yang terkadang menjadi rendah diri.

Tetapi seseorang yang memiliki tipe ini cenderung dikatakan pribadi yang cerdas karena selalu memikirkan langkah apa yang akan diambil dalam memecahkan masalah walau lama dalam mengambil keputusan, sehingga ia ini ibarat orang yang suka bekerja dibalik layar dan tidak terlalu dirinya menjadi pusat perhatian.

Tipe Koleris

Tipe kepribadian ini memiliki kemampuan kuat dalam menggapai sesuatu yang diinginkannya, ciri-cirinya suka terlihat berapi-api, aktif, praktis, cekatan, mandiri dan independen gayanya bersikap tegas dan selalu berpendirian keras tidak gampang terpengaruh oleh lingkungan, ide rancangannya tidak pernah habis.

Tetapi memiliki kelemahan yaitu emosinya dia mempunyai temperamen yang meledak-ledak tidak  bersimpati kepada orang lain ia cenderung dominan dan berjiwa kepemimpinan, selalu menyadari kesalahannya dan kemudian memperbaikinya.

Tipe Plegmatis

Tipe ini  manusia yang memiliki sifat alamiah pendamai, tidak suka kekerasan, orang yang mudah diajak bergaul, ramah dan menyenangkan, humoris, jarang sekali terpengaruh dengan lingkungannya, tidak pernah terlihat gelisah, dibalik pribadinya yang dingin dan pemalu ia memiliki kemampuan untuk lebih dapat merasakan emosi yang terkandung pada sesuatu.

Tipe phlegmatis ini merupakan pribadi yang sabar dan senang menghadapi masalah, emosinya tidak meluap-luap ketika ia bahagia atau sedih, pendiam, mampu bekerja dalam tekanan, tidak suka bertengkar dan selalu berhati-hati ketika berucap dengan orang lain.

Itulah penjelasan tentang empat jenis tipe kepribadian manusia, tidak ada kepribadian yang lebih baik dari yang lain, karena semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.


Post a Comment for "Kepribadian dan Perkembangannya : Tipe Kepribadian"