Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian dan Perkembangannya : Faktor Penghambat Kepribadian




Faktor yang menentukan terhambatnya kepribadian seseorang terdapat 2 faktor yakni faktor internal dan juga eksternal. Pada faktor internal perkembangan kepribadian akan mengalami hambatan yang berasal dari dalam individu diri sendiri dikarenakan individu tidak memiliki tujuan yang jelas.

individu kurang termotivasi dalam hidup, individu enggan menelaah diri dan juga faktor usia. Sehingga akan jelas terlihat bahwa setiap individu terbelenggu pada masa kanak-kanaknya dan tidak dapat menjadi pribadi dewasa. Pada kondisi ini, individu bukanlah pribadi bebas yang mempunyai tujuan hidup dan berupaya untuk merealisasikan tujuan hidupnya. Sehingga individu menjadi ada yang tiada dalam perkembangan keberadaan dirinya.
Perkembangan kepribadian individu secara eksternal terjadi diantaranya disebabkan:

Faktor Tradisi Budaya


Setiap orang memiliki tekanan untuk mengembangkan suatu pola kepribadian yang sesuai dengan standar yang ditentukan budayanya. Setiap kelompok menetapkan budaya sebagai model untuk pola kepribadian yang disetujui dan menekankan individu-individu yang tergabung didalamnya untuk berprilaku sesuai dengan norma budaya kelompok yang bersangkutan. Sehingga karena tekanan tersebut individu akhirnya menyesuaikan diri untuk mengikuti pola perilaku yang telah ditetapkan kelompok yang pada akhirnya perilaku individu tersebut menetap menjadi kecenderungan pola perilaku tersebut.


Penerimaan Masyarakat


Penerimaan masyarakat mempengaruhi keinginan individu untuk mengembangkan kepribadiannya, sehingga penerimaan sosial yang tinggi akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi dan akan berpengaruh pada peningkatan konsep diri positif. sedangkan penerimaan masyarakat yang rendah akan menjadikan seseorang menjadi rendah diri yang akan berpengaruh pada pengembangan diri negatif.

Post a Comment for "Kepribadian dan Perkembangannya : Faktor Penghambat Kepribadian"