Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Resiko Investasi Syariah

 

Kelebihan Investasi Syariah

Dibandingkan dengan investasi konvensional, investasi syariah memiliki beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut: 

  • Manajemen sesuai syariah islam, investasi syariah menggunakan manajemen yang sesuai dengan syariat san nilai-nilai islami. Seluruh kegiatan investasi syariah berusaha mengedepankan prinsip kepercayaan atau amanah. Sehingga akan terhindar dari penipuan yang rentan terjadi seperti saat ini. 
  • Halal, islam merupakan agama yang menjunjung nilai-nilai kebenaran dan kebaikan. Begitu pula dalam proses perekonomiannya, islam selalu menghindari proses keburukan. Oleh sebab itu, investasi berbasis syariah yang berlandaskan pada syariat islam dalam operasionalnya selalu berusaha melakukan hal-hal yang dihalalkan dalam islam. 
  • Cenderung minim resiko, investasi syariah cenderung memiliki resiko yang sangat minim. Kecenderungan minim resiko untuk nasabah ini menjadi nilai lebih yang mungkin tidak dapat ditemukan pada investasi konvensional. Investasi syariah minim resiko karena selalu mengedepankan unsur kekeluargaan. 
  • Bebas riba, riba merupakan sesuatu yang dilarang dan wajib dihindari dalam islam. Jika kamu ingin berinvestasi tanpa riba maka berinvestasi syariah lah yang dapat dijadikan pilihan. Sebab, investasi yang berlandaskan pada syariat islam ini tidak mengandung riba yang tidak sesuai dengan prinsip syariat.

Resiko Investasi syariah

Meskipun terdapat banyak kelebihan dari investasi berbasis syariah ini, namun kamu dapat perlu berhati-hati. Terdapat pula resiko investasi syariah seperti: 

  • Ketidakpastian return, investasi memang penuh dengan ketidakpastian salah satunya return atau imbal hasil. Biasa penyebabnya adalah harga unit yang cenderung mengikuti trend pasar yang naik turun. 
  • Ada resiko kehilangan modal, resiko kehilangan modal pada investasi syariah tetap ada hal ini dikarenakan harga unit selalu berubah mengikuti harga pasar. Ada kalanya akan mendapatkan untung namun bukan tidak mungkin juga akan rugi. Bisa juga dengan cara mengatasinya yaitu berinvestasi dengan jangka panjang bisa 3 atau 5 tahun. Maka harus benar-benar dipelajari mengenai investasi agar tidak terjadi kerugian yang mungkin bisa terjadi. 
  • Produk investasi tidak bisa dijual, produk investasi syariah saat ini belum banyak dikenal dan cenderung kalah saing dengan investasi konvensional. Akibatnya produk investasi syariah sulit untuk dijual. Oleh karena itu, pastikan produk investasi yang akan dibeli benar-benar memiliki nilai yang baik atau fundamental agar mudah diperjualbelikan. 

Itulah  pembahasan mengenai  kelebihan dan juga resiko pada investasi syariah, yuk.. dapatkan berbagai artikel keuangan dan investasi lainnya di materipedia.com

Post a Comment for "Kelebihan dan Resiko Investasi Syariah"