Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Kepribadian Sehat

Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda meskipun terkadang memiliki kemiripan atau kesamaan, ada beberapa manusia yang memiliki kepribadian baik dan ada pula yang kurang baik karena bahwasannya kepribadian manusia beragam itu disebabkan oleh berbagai aspek. 

E.B Hurlock (1986) mengemukakan bahwa karakteristik penyesuaian yang sehat atau tempat kepribadian yang sehat ditandai dengan: 

  • Mampu menilai diri secara realistik, individu yang memiliki kepribadian sehat mampu menilai diri apa adanya, baik kelebihan maupun kelemahannya, menyangkut fisik ( postur tubuh, wajah, keutuhan dan kesehatan) dan kemampuan (kecerdasan dan  keterampilan).
  • Mampu menilai situasi secara realistik, individu dapat menghadapi situasi atau kondisi kehidupan yang dialaminya secara realistik dan mau menerimanya secara wajar dan tidak mengharapkan kehidupannya itu sebagai suatu yang harus sempurna.
  • Mampu menilai prestasi yang diperoleh secara realistik, individu dapat menilai prestasinya (keberhasilan yang diperolehnya) secara realistik dan reaksinya secara rasional. Dia tidak menjadi sombong, angkuh apabila memperoleh prestasi yang tinggi atau kesuksesan dalam hidupnya. Apabila mengalami kegagalan, dia tidak bereaksinya dengan frustasi, tetapi dengan sikap optimistik (penuh harapan).
  • Menerima tanggung jawab, individu yang sehat adalah individu yang bertanggung jawab. Dia memiliki keyakinan terhadap kemampuannya untuk mengatasi masalah-masalah kehidupan yang dihadapinya.
  • Kemandirian, individu memiliki sifat mandiri dalam cara berpikir dan bertindak, mampu mengambil keputusan, mengarahkan dan mengembangkan diri serta menyesuaikan diri dengan norma yang berlaku di lingkungannya.
  • Dapat mengontrol emosi, individu merasa nyaman dengan emosinya. Dia dapat menghadapi situasi frustasi, depresi atau stres secara positif atau konstruktif tidak destruktif (merusak).
  • Berorientasi tujuan, setiap orang mempunyai tujuan yang ingin dicapainya. Namun, dalam merumuskan tujuan itu ada yang realistik dan ada yang non realistik. Individu yang sehat kepribadiannya dapat merumuskan tujuannya berdasarkan pertimbangan secara matang dan tidak atas paksaan dari luar. Individu tersebut selalu berupaya untuk mencapai tujuan dengan cara mengembangkan kepribadian dan keterampilan. 
  • Berorientasi keluar, individu yang sehat memiliki orientasi keluar, dia bersifat hormat,  empati terhadap orang lain, mempunyai kepedulian terhadap situasi atau masalah lingkungan dan bersifat fleksibel dalam berfikir.
  • Penerimaan sosial, individu dinilai positif oleh orang lain, mau berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial, dan memiliki sikap bersahabat dalam berhubungan dengan orang lain.
  • Memiliki filsafat hidup dia mengarahkan hidupnya berdasarkan filsafat hidup yang berakar dari keyakinan agama yang dianutnya.
  • Berbahagia individu yang sehat situasi kehidupannya diwarnai kebahagiaan. Kebahagiaan ini didukung oleh faktor-faktor pencapaian prestasi penerimaan dari orang lain, perasaan dicintai atau disayangi orang lain.

Kepribadian manusia yang cenderung baik ataupun kurang baik tersebut sebenarnya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. melihat banyaknya potensi yang dimiliki oleh manusia terutama akal, seharusnya manusia mampu mengurangi kekurangan dan memupuk kelebihan yang ada pada dirinya. 

Post a Comment for "Karakteristik Kepribadian Sehat"