Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Riwayat Asbab An-Nuzul



Asbabun-Nuzul adalah sesuatu yang menjadi sebab turunnya satu atau beberapa ayat Al-Quran terkadang menyirat peristiwa itu, sebagai respons atasnya. Atau sebagai penjelas terhadap hukum - hukum saat peristiwa itu terjadi. 

Maka dari itu, dapatlah diformulasikan bahwa yang dimaksud Asbabun an-Nuzul juga merupakan sesuatu yang karena sesuatu itu menyebabkan sebagian atau beberapa ayat Al-Quran diturunkan, yang dimaksud dengan sesuatu itu sendiri adakalanya berbentuk pertanyaan atau kejadian, tetapi bisa juga berwujud alasan logis (illat) dan hal-hal lain yang relevan serta mendorong turunya satu atau beberapa ayat Al-Quran.

Dalam melihat riwayat asbab al-nuzul terjadi pertentangan, hal itu dilatarbelakangi karena perbedaan tersendiri mengenai riwayat itu sendiri.
 
Menurut Allamah M.H Thabathaba'i bahwa riwayat yang berkaitan dengan asbab al-nuzul tidak semua sanadnya bersambung kepada Nabi Muhammad SAW dan Shahih, melainkan ada juga yang mursal (dalam sanadnya nama sahabat yang meriwayatkan nama sahabat yang meriwayatkan langsung dari Nabi dibuang) dan dhaif. Penyelidikan terhadap hadis ini membuat orang merasakannya karena beberapa alasan:

  1. Gaya kebanyakan hadits ini menunjukkan bahwa perawi tidak meriwayatkan asbab al-nuzul secara lisan dan tertulis, melainkan dengan meriwayatkan suatu kisah, kemudian menghubungkan ayat-ayat al quran dengan kisah itu. Pada hakikatnya, asbab al-nuzul itu hanya didasarkan atas pendapat bukan atas pengamatan dan pencatatan.
  2. Pada masa awal Islam, khalifah melarang penulisan hadis. Semua kertas dan papan yang didapati memuat tulisan hadis dibakar. Larangan ini berlaku sampai akhir abad pertama Hijriah (Thabathaba’i, 2009: 202-203).

Dari pemaparan diatas, dapat simpulkan bahwa riwayat mengenai asbab al-nuzul dapat digolongkan dalam dua macam yakni riwayat yang sudah terverifikasi dan riwayat yang masih perlu verifikasi. 

Hal itu juga sejalan dalam bukunya Prof. Dr. Acmhad Abubakar, M.Ag dkk. Yang menggolongkan 2 kategori riwayat yakni riwayat yang pasti dan tidak pasti. Dengan itu jenis-jenis asbab al-nuzul dapat dikategorikan dalam beberapa bentuk antara lain :

  • Tanggapan atas suatu peristiwa
  • Tanggapan atas peristiwa khusus
  • Sebagai jawaban terhadap pertanyaan kepada Nabi
  • Sebagai jawaban terhadap pertanyaan kepada Nabi
  • Sebagai tanggapan atas pertanyaan yang bersifat Umum
  • Sebagai tanggapan terhadap orang-orang tertentu
  • Beberapa sebab tapi satu ayat
  • Beberapa wahyu tetapi satu sebab.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Riwayat Asbab An-Nuzul"