Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Investasi Syariah

 


Untuk para investor perlu tahu lebih lanjut mengenai jenis-jenis investasi syariah yang ada. Hal ini agar dapat  mempermudah kamu dalam menentukan jenis investasi syariah apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya. Berikut jenis investasi syariah yang perlu kamu tahu.

Obligasi Syariah

Jenis investasi ini sangat cocok untuk para pemula yang mau berinvestasi dan baru mengenal dunia investasi karena obligasi syariah ini merupakan surat berharga jangka panjang yang dikeluarkan oleh emiten kepada pemegang surat obligasi. Sehingga, pelaksanaan obligasi syariah menggunakan proses akad yang sesuai dengan syariah islam seperti ijarah, mudharabah, musyarakah, istisna, salam serta murabahah. 

Reksadana Syariah

Jenis investasi ini merupakan salah satu jenis investasi yang saat ini begitu populer terutama di kalangan milenial. Dalam reksadana syariah ini terdapat beberapa jenis seperti pasar uang, pendapatan campuran atau tetap serta saham. 

Ada hal yang menarik dari investasi pada reksadana syariah ini dibandingkan investasi pada reksadana konvensional adalah adanya opsi pembersihan. Yang dimana adanya opsi pembersihan ini bertujuan untuk membersihkan reksadana apabila ditemukan adanya pendapatan yang tidak sesuai dengan syariat islam. Sehingga hasil dari pembersihan reksadana tersebut nantinya akan disalurkan untuk amal. 

P2P Lending syariah

Jenis investasi ini merupakan jenis investasi syariah yang biasanya dikaitkan dengan bisnis fintech. Hubungan antara P2P Lending dengan suatu bisnis adalah sebagai pemasok pendanaan. Dikarenakan P2P Lending ini memberikan banyak manfaat bagi UMKM ataupun usaha-usaha rintisan.

Investasi Properti

Bisnis properti ini merupakan salh satu bisnis yang tidam pernah sepi peminatnya. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa Investasi properti syariah merupakan pilihan yang tepat karena sesuai dengan prinsip syariah islam. Sebab, investasi properti yang menjanjikan juga menjadi alasan utama mengapa investasi ini diminati oleh para investor.

Investasi Emas Syariah

Emas dapat digunakan sebagai salah satu investasi syariah karena penggunaannya membawa banyak manfaat. Harga emas sendiri setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan. Sehingga dengan investasi emas ini banyak masyarakat yang meminatinya. 

Investasi Saham Syariah

Jenis investasi ini merupakan jenis investasi yang banyak dilirik oleh masyarakat di Indonesia. Sebab, investasi saham syariah ini merupakan aplikasi konsep syirkah atau musyarakah. Artinya, aktivitas tersebut mencakup penyertaan modal dengan sistem bagi hasil bagi pihak yang terlibat dan juga investasi saham syariah ini menerapkan prinsip-prinsip islam dalam operasional nya, sehingga tidak mengandung unsur riba. 

Deposito Syariah

Suatu produk simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu dengan mempertimbangkan prinsip syariah dalam pengelolaannya. Deposito syariah dapat diperuntukkan bagi nasabah perorangan maupun bagi suatu perusahaan. Konsep yang diterapkan dalam deposito syariah adalah dengan menempatkan nasabah sebagai pemilik dana yang secara langsung bertindak sebagai pengelola dana.  

Post a Comment for "Jenis Investasi Syariah"