Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Investasi Syariah

 

Dengan mengetahui cara-cara investasi syariah, hal ini sangat penting untuk dapat memudahkan kamu dalam melakukan proses investasi. Berikut ini langkah yang perlu kamu lakukan untuk memulai investasi berbasis syariah: 

  • Pilihlah instrumen investasi syariah yang sesuai kebutuhan dan tujuannya maksudnya dalam investasi itu terdapat berbagai jenis dan instrumen investasi yang bervariasi. Maka sebelum menentukan pilihan ketahuilah kebutuhan dan tujuan  investasi apa. Setelah paham kebutuhan dan tujuannya apa barulah bisa memilih instrumen investasi syariah yang mana yang sekiranya cocok untuk kamu. 
  • Pastikan prakteknya sesuai dengan ajaran islam, sebab investasi syariah pada dasarnya adalah  investasi yang mengedepankan dan menjunjung nilai syariat dalam agama islam. Oleh karena itu, pastikan investasi yang kamu pilih benar-benar berasaskan pada nilai san syariah islam. 
  • Buka rekening investasi syariah, setelah menentukan dan memilih jenis atau produk investasi maka langkah selanjutnya kamu dapat membuka rekening investasi syariah. Dalam pembuatan rekening investasi syariah dapat dilakukan secara online atau bahkan bisa pula datang langsung ke bank terkait. 
  • Lakukan analisis sebelum berinvestasi, cara melakukan analisis ini bisa dengan melihat trend pasar modal, saham, nilai investasi, imbal balik serta analisis terhadap rencana investasi kamu kedepannya agar lebih terarah dan terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. 
  • Gunakan Sharia Online Trading System (SOTS) merupakan suatu sistem transaksi saham syariah yang dapat dilakukan secara online agar kegiatan investasi akan semakin mudah.
  • Lihat dan manfaatkan list Daftar Efek Syariah(DES),  karena dengan adanya list Daftar Efek Syariah  (DES) iini untuk mempermudah kamu dalam menemukan produk investasi yang sesuai. Sebab, dalam list Daftar Efek Syariah (DES) ini dapat mengetahui produk, indeks saham dan nama saham yang dapat kamu jadikan lahan untuk melakukan aktivitas investasi syariah. 
  • Review secara berkala, hal terpenting dalam melakukan investasi dengan sistem syariah adalah mengecek dan mereview akun atau rekening investasi, dengan tujuan mengevaluasi aktivitas investasi dan meningkatakn performa investasi agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik. 

Post a Comment for "Cara Investasi Syariah"