Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Jenis Tenaga Kerja

 


Tenaga Kerja merupakan hal yang terpenting dalam pembahasan ketenagakerjaan. Sebab tenaga kerja ini merupakan salah satu komponen penggerak ekonomi yang paling berpengaruh terhadap proses produksi. 

Tanpa tenaga kerja, faktor produksi seperti alam dan modal tidak dapat digunakan secara optimal. Adapun jenis-jenis tenaga kerja adalah sebagai berikut:

Berdasarkan hubungannya dengan proses produksi, tenaga kerja dibedakan menjadi: 
  1. Tenaga kerja langsung, merupakan tenaga kerja dipabrik yang secara langsung terlibat pada proses produksi dan biayanya dikenakan pada biaya produksi atau pada barang yang dihasilkan. 
  2. Tenaga kerja tidak langsung, merupakan tenaga kerja dipabrik yang tidak terlibat secara langsung pada proses produksi dan biayanya dikaitkan pada biaya operasional pabrik seperti tenaga kerja bagian periklanan, marketing dan lainnya. 

Berdasarkan sifat kerjanya, tenaga kerja sapat dibedakan menjadi:
  1. Tenaga kerja jasmani, tenaga kerja yang kegiatannya lebih banyak mengansalkan tenaga kerja fisik dalam melaksanakan proses produksinya, seperti sopir dan montir. 
  2. Tenaga kerja rohani, tenaga kerja yang melakukan pekerjaannya lebih banyak menggunakan proses pemikiran, gagasan atau ide yang bersifat produktif seperti manajer, direktur dan konsultan. 

Berdasarkan keahliannya, tenaga kerja dapat dibedakan menjadi:
  1. Tenaga kerja terdidik atau skilled labour, tenaga kerja yang memerlukan keahlian atau kemahiran pada suatu bidang melalui sekolah atau pendidikan, seperti dokter, pengacara, hakim dan lainnya. 
  2. Tenaga kerja terlatih atau trained labour, tenaga kerja yang memerlukan latihan dan pengalaman kerja, seperti sopir, montir, pelukis, penjahit dan lainnya. 
  3. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih atau unskilled labour and untrained labour, tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan dan latihan sebelumnya, hanya mengandalkan tenaga mengandalkan tenaga saja, seperti penyapu jalan, pembantu rumah tangga dan lainnya. 


Post a Comment for "Beberapa Jenis Tenaga Kerja"