Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa jenis persaingan pasar tidak sempurna

 


Pasar persaingan tidak sempurna terdiri beberapa jenis, diantaranya yaitu:

Pasar Monopoli

Pasar monopoli hanya terdapat satu penjual yang mendominasi dan berkuasa. Penjual di pasar ini juga mampu menjadi penentu harga. Penguasa di pasar ini secara sengaja menjual produk yang tidak dimiliki pengganti atau sering dikatakan pula tidak ada pihak yang menyaingi.

Pasar Oligopoli

Pada pasar ini terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar. Dalam sistem ini, kegiatan produksi masih diperlukan guna memperkenalkan produk dan menyaingi penjual lain. Persaingan pada pasar oligopoli ini terbilang cukup ketat.

Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik terdiri dari penjual yang menjual produk identik tetapi memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing baik dari segi kemasan, bentuk, fungsi, manfaat dan lain sebagainya. Jumlah penjualnya tidak terbatas dan dapat dimasuki kompetitor baru.

Pasar Monopsoni

Pasar monopsoni memiliki ciri dimana terdapat banyak penjual dan hanya satu pembeli. Kondisi ini biasanya membuat pembeli jauh lebih berkuasa dibanding penjual. Di pasar jni harga produk lebih memungkinkan untuk disesuaikan dengan keinginan pembeli. Selain itu, kualitas produk juga terjamin sebab penjual berusaha sebaik mungkin  agar tidak kalah dengan penjual lain. 

Pasar Oligopsoni

Pasar ini terdiri dari banyak penjual dan beberapa pembeli dimana pembeli alan mengolah produk untuk kemudian dijual kembali. Biasanya barang yang dijual berupa barang mentah yang mesti diolah terlebih dahulu untuk memperoleh manfaatnya. Harga produknya pun stabil dan cenderung lebih ditentukan oleh pembeli. 

Post a Comment for "Beberapa jenis persaingan pasar tidak sempurna"