Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Pasar persaingan tidak sempurna ?

 


Pasar persaingan tidak sempurna merupakan struktur pasar dalam dunia perekonomian. Sehingga pasar intercipta ketika pasar persaingan sempurna tidak berjalan dengan baik. 

Jika pasar persaingan sempurna mencerminkan kondisi dimana penjual dan pembeli, maka lain hal nya dengan struktur pasar persaingan tidak sempurna. 

Di Pasar ini menjual lebih sedikit ketimbang pembeli. Walaupun jumlah penjual sedikit penjual di pasar persaingan tidak sempurna berhak atas penjualan produk tertentu dan hanya mereka yang boleh atau mampu menjual produk dengan jumlah terbatas. 

Ciri-ciri Pasar Persaingan Tidak sempurna

Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada barang pengganti, minimnya kebebasan untuk berpartisipasi dalam pasar membuat ketersediaan atas pengganti produk dengan fungsi dan manfaat yang sama sulit dicari.
  • Penjual menentukan harga, penjual lebih berkuasa dan hanya sedikit pihak yang mempengaruhi pasar, sehingga penjual bebas dalam menentukan harga. 
  • Sulit berpartisipasi, industri pasar persaingan tidak sempurna hanya mampu dijalankan oleh pihak tertentu, sehingga sulit bagi  penjual lain untuk ikut berpartisipasi atau memulai bisnis di pasar ini.
  • Ketidakseimbangan penjual dan pembeli, dalam pasar persaingan tidak sempurna hanya terdapat satu atau beberapa penjual yang jumlahnya lebih sedikit dari pembeli. 

Kelebihan dan Kekurangan dari Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Kelebihan pasar persaingan tidak sempurna, diantaranya yaitu:

  • Barang berkualitas, barang yang hanya dijual oleh beberapa penjual dan cenderung susah dicari biasanya bersifat unggul dan memiliki banyak manfaat.
  • Profit lebih besar, minimnya persaingan dalam penjualan barang dipasar ini membuat sistem kemungkinan penjual memperoleh keuntungan lebih pasar. Pasalnya, pembeli tidak memiliki opsi lain dalam memilih produk pengganti dan harga yang ditetapkan penjual bersifat bebas. 
  • Inovasi produk, inovasi ini dilakukan guna meningkatkan kualitas barang sekaligus meraup keuntungan lebih besar kedepannya. Hal ini dapat didorong oleh lisensi pada penjual terhadap produknya sehingga dapat berleluasa bereksplorasi.
  • Bebas biaya produksi, sebelum memasuki pasar biasanya penjual melakukan riset terlebih dahulu karena kegiatan ini akan menunjukan kalau barang tertentu begitu dibutuhkan masyarakat. 

Kekurangan dari pasar persaingan tidak sempurna, diantaranya yaitu:

  • Eksploitasi konsumen, ketidakseimbangan jumlah penjual dan pembeli menyebabkan pasar ini rentan terjadi eksploitasi konsumen.
  • Sedikit pilihan, biasanya hal ini dirasakan oleh pembeli karena di pasar persaingan tidak sempurna konsumen dihadapkan dengan sedikit pilihan produk pengganti dengan manfaat dan fungsi yang sama.
  • Permainan dan diskriminasi harga, ketidakmampuan pembeli dalam memahami kisaran harga karena minim pembanding, juga menjadi faktor permainan harga yang dapat merugikan konsumen. 

Post a Comment for "Apa itu Pasar persaingan tidak sempurna ?"