Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Pasar Persaingan Sempurna ?

 

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan banyak pembeli dan penjual, sehingga tidak ada satu orangpun dari pembeli atau penjual yang dapat menentukan harga. 

Pada dasarnya tidak terdapat pasar yang mutlak di dunia ini, akan tetapi salah satu contoh pasar yang mendekati adalah pasar beras karena bentuk, warna dan tampilannya relatif sama serta penjual dan pembelinya banyak. 


Ciri-ciri Pasar Persaingan sempurna

Terdapat beberapa ciri yang membedakan  pasar persaingan sempurna dengan pasar persaingan tidak sempurna, berikut ini beberapa ciri-cirinya : 

  1. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen, dengan adanya sifat ini masing-masing barang meiliki sifat saking menggantikannsatu dengan yang lainnya. Dengan demikian pembeli bebas mebeli pada penjual mana pun sementara penjual tidak dapat menentukan harga yang beebeda dengan penjual yang lain.
  2. Terdapat banyak penjual dan pembeli, tidak terdapat batasan mengenai jumlah penjual yang berada di pasar dan jumlah pembeli yang membeli dipasar tersebut.
  3. Pembeli dan penjual berlaku sebagai penerima harga, banyak penjual dan pembeli menyebabkan penjual dan pembeli memiliki sifat sebagai penerima harga karena tidak dapat menentukan harga yang tercipta di pasar. 
  4. Pembeli dan penjual bebas masuk keluar pasar, tidak ada larangan bagi pembeli untuk membeli di pasar persaingan sempurna ini.penjual juga memiliki kebebasan kapan saatnya berjualan dan kapan saatnya ditutup.. 
  5. Informasi sempurna, baik pembeli maupun penjual memiliki informasi yang sempurna mengenai harga, kualitas, serta jumlah barang yang ada di pasar. Adanya informasi yang sempurna menyebabkan penjual tidak akan mengenakan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjual lainnya pada barang yang sama. 
  6. Faktor produksi dapat bergerak secara bebas, karena tidak ada hambatan pada pasar maka penjual juga memiliki kebebasan untuk memindahkan faktor produksinya kemana pun. 

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Kelebihan pasar persaingan sempurna, diantaranya yaitu:

  1. Informasi yang sempurna dimiliki oleh penjual dan pembeli.
  2. Efisiensi maksimum dalam produksi.
  3. Tidak dapat persaingan harga antara penjual karena harga yang tercipta di pasar akan diikuti oleh semua penjual.
  4. Penjual dapat memindahkan faktor produksinya kemana saja karena tidak ada hambatan dalam memasuki pasar.

Kekurangan pasar persaingan sempurna, diantaranya yaitu: 

  1. Tidak mendorong inovasi karena teknologi yang dilakukan dapat dicontoh oleh perusahaan lain. 
  2. Produk yang bersifat homogen membuat pembeli tidak memiliki pilihan, jenis pasar ini biasanya membatasi pilihan konsumen sehingga tidak dapat mencapai kepuasan yang maksimal. 


Post a Comment for "Apa itu Pasar Persaingan Sempurna ?"