Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Ketenagakerjaan ?

 


Kondisi saat pandemi seperti sekarang  terjadi permasalahan mengenai ketenagakerjaan sangatlah jadi sorotan kita semua termasuk masyarakat, tenaga kerja bahkan pemerintah. 

Pemerintah juga punya Undang-undang khusus yang mengatur ketenagakerjaan. Mari kita bahas mengenai ketenagakerjaan.. simak artikel berikut ini ya!

Pengertian Ketenagakerjaan 

Menurut Undang-Undang no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, menyatakan bahwa definisi tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. 

Sedangkan ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama dan sesudah masa kerja. 

Definisi ketenagakerjaan yang dimaksud dengan tenaga kerja sebelum masa kerja antara lain pemagangan dan pengumuman lowongan kerja. 

Tenaga kerja selama masa kerja antara lain perlindungan kerja, upah atau gaji, jaminan sosial dan kesehatan, jaminan keselamatan kerja serta pengawasan kerja. 

Sedangkan tenaga kerja sesudah masa kerja antara lain pesangon dan pensiun atau jaminan hari tua. Ketenagakerjaan ini lah biasanya begitu erat dengan sumber daya manusia (SDM).  Oleh sebab itu, SDM sebagai tenaga kerja menjadi faktor utama yang membuat sistem ketenagakerjaan akan berjalan dengan baik.


Post a Comment for "Apa itu Ketenagakerjaan ?"